PROFESIONALISME GURU DI FINLANDIA MENURUT PASI SAHLBERG DAN RELEVANSINYA DENGAN PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Sri Utami, NIM: 1710401034 (2020) PROFESIONALISME GURU DI FINLANDIA MENURUT PASI SAHLBERG DAN RELEVANSINYA DENGAN PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROFESIONALISME GURU DI FINLANDIA MENURUT PASI SAHLBERG DAN RELEVANSINYA DENGAN PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
17104010034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PROFESIONALISME GURU DI FINLANDIA MENURUT PASI SAHLBERG DAN RELEVANSINYA DENGAN PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
17104010034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kemajuan pendidikan suatu negara dipengaruhi oleh banyak faktor yang berkontribusi. penelitian dan pengalaman menunjukkan bahwa salah satu faktor yang memeiliki kontribusi besar yaitu Profesionalisme guru. namun kenyataannya profesionalisme guru terutama guru PAI di indonesia masih rendah. Salah satu negara yang telah diakui dunia dengan sistem pendidikan terbaik yaitu Finlandia. Banyak faktor yang turut berkonstribusi Salah satu yang penting adalah kontribusi guru yang besar, hal ini merupakan kunci kesuksesan Pendidikan di Finlandia.. Konsep dan kebijakan finlandia dalam menciptakan guru yang profesional dan berkualitas diuraikan dengan cukup lengkap oleh Pasi Sahlberg dalam bukunya Finnish Lesson. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang profesionalisme guru finlandia juga mengenai bagaimana langkah finlandia untuk menghasilkan guru profesional dan berkualitas untuk kemudian dapat diambil relevansi yang sesuai untuk digunakan sebagai rujukan bagi indonesia dalam mengambil langkah menciptakan guru profesional. Penelitian ini merupakan jenis penelitain kajian pustaka (field research) dengan menggunakan buku Finnish Lesson karya Pasi Sahlberg. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi. Dalam analisis data menggunakan 2 metode yaitu metode deskriptif kualitatif dengan analisi isi (content analysis) juga metode analisis deduksi Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: Relevansi diantara keduanya terdapat pada kompetensi guru, alur sertifikasi dan model profesionaisasi guru. 1) Dari segi kompetensi guru, atara guru finlandia dengan guru PAI di indonesia memiliki relevansi yang besar. Secara kesuluruhan kompetensi yang dibutuhkan sama hanya berbeda dalam pengkategorian. 2) Model penyelenggaaraan pedidikan guru di finlandia menggunakan concurrent model atau model seiring. Indonesia juga menngunakan concurrent model dalam penyelenggaraan pendidikan guru. Namun sejak diberlakukannya Undang-Undang Guru dan Dosen, nampaknya penyelenggaraan pendidikan guru saat ini cenderung dilakukan tidak hanya dengan model concurrent model (model seiring) namun juga dengan menggunakan consecutive model (Model Berlapis). 3) Alur profesionalisasi untuk sertifikasi atau lisensi secara garis besar memiliki kesamaan,di mulai dari rekruitmen, persiapan/pendidikan guru , induksi dan mentoring , kemudian melakukan pengembangan profesional secara berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Karwadi. M.Ag
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme Guru, Finlandia, PAI, Pasi Sahlberg
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 21 Oct 2021 16:49
Last Modified: 21 Oct 2021 16:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45735

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum