LAYANAN KONSELING ANAK DIDIK BERBASIS KELUARGA DI SMP NEGERI 1 MIRIT KEBUMEN

Tri Wahyuni, NIM: 17200010063 (2020) LAYANAN KONSELING ANAK DIDIK BERBASIS KELUARGA DI SMP NEGERI 1 MIRIT KEBUMEN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (LAYANAN KONSELING ANAK DIDIK BERBASIS KELUARGA DI SMP NEGERI 1 MIRIT KEBUMEN)
17200010063_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (LAYANAN KONSELING ANAK DIDIK BERBASIS KELUARGA DI SMP NEGERI 1 MIRIT KEBUMEN)
17200010063_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subyek penelitian yang terdiri dari 2 guru BK, 1 Kepala Sekolah, 3 siswa, dan 3 orang tua siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menghasilkan data deskriptif yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Ttujuan penelitian ini untuk mengetahui bimbingan konseling berbasis keluarga, tahapan-tahapan layanan konseling berbasis keluarga yang dilakukan oleh guru Bimbingan Konseling, dan tujuan guru Bimbingan Konseling menerapkan layanan konseling berbasis keluarga pada anak didiknya di SMP N 1 Mirit Kebumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling keluarga di SMP Negeri 1 Mirit Kebumen dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang sumber masalahnya berasal dari rumah dan menganggap bahwa permasalahan tersebut akan dibawa dalam keluarga sehingga diatasi melalui konseling keluarga. Adapun tahap-tahap konseling keluarga yang dilakukan guru Bimbingan dan Konseling di SMP N 1 Mirit Kebumen diantaranya tahap awal membangun hubungan dengan konseli, tahap pertengahan (identifikasi dan penilaian masalah), tahap akhir konseling (tahap tindakan) dalam proses konseling terdiri dari beberapa tahap yaitu analisis adalah tahap pengumpulan data atau informasi tentang diri konseli dan lingkungannya, dengan tujuan untuk lebih memahami keadaan konseli. Tahap sintesis adalah tahapan untuk merangkum data hasil analisis sehingga dapat menunjukkan gambaran diri konseli. Seluruh data analisa dirangkum untuk ditemukannya akar masalah yang sedang dihadapi konseli. Diagnosis adalah tahapan untuk menetapkan masalah yang sedang dihadapi konseli dan penyebabnya. Sebelum memberikan diagnosa terhadap keadaan konseli perlu menentukan masalah dan penyebab masalahnya. Selanjutnya, Prognosis langkah untuk memprediksi apa yang akan terjadi pada diri klien, yaitu masalah tersebut akan terus berkembang. Informasi yang disampaikan kepada klien dengan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi akan mengurangi atau setidak-tidaknya memberikan jalankeluar kepada klien bagaimana menyelesaikan masalah tersebut. Treatment atau konseling (perlakuan) untuk melaksanakan penyembuhan atas masalah yang dihadapi konseli. Tindak lanjut tahapan ini untuk melihat keberhasilan pemberian konseling yang telah berlangsung. Pelaksanaan konseling keluarga hanya dilaksanakan dalam situasi khusus. Alasan guru BK menerapkan layanan konseling keluarga di SMP N 1 Mirit Kebumen untuk membantu anak didiknya dalam menyelesaikan permasalahannya yang melibatkan keluarga. Dengan demikian dapat peneliti simpulkan bahwa pelaksanaan konseling keluarga di SMP N 1 Mirit Kebumen telah dilaksanakan meskipun belum terstruktur dengan baik dan dilakanakan dalam situasi khusus.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Nina Mariani Noor, SS., MA.
Uncontrolled Keywords: Layanan Konseling, Anak Didik, Berbasis Keluarga
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 21 Oct 2021 17:05
Last Modified: 21 Oct 2021 17:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45737

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum