UMMI MUSLIHATIN - NIM. 97413489, (2010) PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA PESANTREN MU ALIMAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
|
Text (PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA PESANTREN MU ALIMAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA )
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (786kB) | Preview |
|
![]() |
Text (PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA PESANTREN MU ALIMAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA )
BAB II,III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (452kB) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Restricted to Repository staff only Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Restricted to Repository staff only Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Restricted to Repository staff only Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Restricted to Repository staff only Download (0B) |
Abstract
Pengembangan kecerdasan emosional di Mu'allimat Muhammadiyah Yogyakarta melalui program pembelajaran di kelas dan program ektra kurikuler. Pertama, program pembelajaran di kelas yang disampaikan lewat kurikulum dan rencana pembelajaran yang akan mempengaruhi watak dan sikap peserta didik. Kedua, program ekstrakurikuler sebagai wadah berlatih keorganisasian untuk mengenal kecerdasan emosional yang meliputi kesadaran diri, penagturan diri, motivasi, empati dan ketrampilan social. Pesantren Mu'allimat Muhammadiyah Yogyakarta mempunyai berbagai program pengembangan kecerdasan emosional sebagai model yang dapat dikembangkan di pesantren lain untuk mewujudkan kepribadian yang utuh. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik, dan materi yang dikembangkan dalam proses pembelajaran di pesantren. Sumber datanya adalah peserta didik, dan pamong guru. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, metode interview, dan metode life history. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif analitik. Pengembangan kecerdasan emosional pada pesantren Mu'allimat Muhammadiyah yogyakarta merupakan usaha untuk menggali potensi peserta didik dalam bidang dakwah amar ma'ruf nahi munkar.Hal ini dapat dikembangkan dengan baik dalam aktifitas kokulikuler dan ekstrakulikuler. PPMMM merupakan sarana untuk melatih kemandirian dan ketrampilan social dalam menghadapi permasalahan dengan tindakan yang tepat. Faktor pendukung pengembangan kecerdasan emosional adalah sarana prasarana yang memadai, guru-gur yang bergelar strata Satu yang professional dalam bidangnya sehingga dapat mendukung pengembangan kecerdasan emosional. Faktor penghambatnya adalah peserta didik dan orang tua yang kurang memahami tujuan pesantren sebagai kader persyarikatan. Hal ini dapat dilihat dari minat bel;ajar yang rendah, disebabkan kurang adanya motivasi dari orang tua dan masuk pesantren hanya sebagai formalitas belaka. div
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Drs. Tasman hamami, MA. |
Uncontrolled Keywords: | kecerdasan emosional, pendidikan Islam, Pesantren Mu'allimat Muhammadiyah Yogyakarta |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Edi Prasetya [edi_hoki] |
Date Deposited: | 04 Jan 2013 16:56 |
Last Modified: | 08 Feb 2022 14:36 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4574 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |