DISKURSUS ISLAM-SAINS DALAM KEILMUAN (STUDI ANALISIS PEMIKIRAN ACHMAD BAIQUNI, M AMIN ABDULLAH DAN AGUS PURWANTO)

Abdul Muis, NIM.: 1330016026 (2020) DISKURSUS ISLAM-SAINS DALAM KEILMUAN (STUDI ANALISIS PEMIKIRAN ACHMAD BAIQUNI, M AMIN ABDULLAH DAN AGUS PURWANTO). Doctoral thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DISKURSUS ISLAM-SAINS DALAM KEILMUAN (STUDI ANALISIS PEMIKIRAN ACHMAD BAIQUNI, M AMIN ABDULLAH DAN AGUS PURWANTO))
1330016026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (DISKURSUS ISLAM-SAINS DALAM KEILMUAN (STUDI ANALISIS PEMIKIRAN ACHMAD BAIQUNI, M AMIN ABDULLAH DAN AGUS PURWANTO))
1330016026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Relasi agama dan ilmu merupakan dua entitas yang telah lama diperdebatkan. Persinggungan antara domain agama dan ilmu senantiasa terjadi dalam obyek tertentu dalam realitas kehidupan. Kekuatan pengaruh keduanya ditambah dengan muatan kepentingan menjadikan relasi tersebut hingga berwujud pertentangan yang sulit terhindarkan. Upaya meretas keterhubungan agama dan ilmu banyak dilakukan para ahli dengan pelbagai konsepsi dan tipologi. Dalam konteks islam dan sains, tipologirelasi agama dan ilmu adalah berbentuk relasi islam sains dengan beberapa varian dan pendekatan yang merupakan hasil pemikiran para ilmuwan. Diantara pola relasi islam sains yang telah ada, konsepsi Achmad Baiquni, M Amin Abdullah dan Agus Purwanto sangat penting untuk diteliti karena mempunyai konstruksi epistemologi yang kuat dalam khazanah keilmuan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif analisis wacana kritis studi pemikiran ilmuwan dengan menggunakan telaah document studies berupa buku, jurnal, diktat dan catatan lain. Studi analisis relasi islam sains dilakukan terhadap pemikiran Achmad Baiquni, M Amin Abdullah dan Agus Purwanto. Achmad Baiquni adalah saintis yang mencoba merelasikan sains terhadap konsepsi dan studi islam melalui metode Tafsir bil ilmi termaktub dalam bukunya “al-Qur’an Ilmu Pengetahuan dan Teknologi” dan “al-Qur’an dan Ilmu Pengetahuan Kealaman”. M Amin Abdullah adalah seorang pakar Islamic studies yang mencoba mendekati konstruksi relasi islam sains melalui pendekatan Integratif-Interkonektif dan Spider Webnya. Sedangkan Agus Purwanto adalah saintis yang dengan pendekatan Ayat-ayat kauniyyah mencoba meretas pola relasi islam sains dalam buku “Ayat-Ayat Semesta Sisi-Sisi al-Quran yang Terlupakan” dan “Nalar Ayat-Ayat Semesta”. Hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti adalah temuan relasi islam sains perspektif Achmad Baiquni yaitu penautan ayat-ayat al-Qur’an pada ilmu pengetahuan dan teknologi utamanya sains dengan pola islamisasi sains pola justifikasi dan sakralisasi. Relasi islam sains M Amin Abdullah adalah konsepsi Integrasi Interkoneksi-Teoantroposentris dengan simbol Jaring laba-laba (Spider Web). mengarah pada islamisasi sains tipologi integrasi. Sedangkan Agus Purwanto adalah relasi islam sains dalam konstruksi sains islam pendekatan ayat-ayat kauniyyah termasuk pada pola islamisasi sains varian integrasi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: Promotor: Prof. Dr. Hj. Marhumah., M.Pd dan Prof. Dr. H. Abdul Munip., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pemikiran Tokoh; Islam-Sains; Tafsir Bil Ilmi
Subjects: Islam dan Pemikiran
Sains Dalam Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Study Islam
Depositing User: Anik Nur Azizah
Date Deposited: 22 Oct 2021 15:20
Last Modified: 22 Oct 2021 15:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45745

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum