PENDAKIAN GUNUNG SEBAGAI MEDIUM PENDIDIKAN KARAKTER PADA KOMUNITAS PECINTA ALAM TEAM STRESS ADVENTURE (TSA) MOJOKERTO

Mohammad Irfan Faiz, NIM :18200010061 (2020) PENDAKIAN GUNUNG SEBAGAI MEDIUM PENDIDIKAN KARAKTER PADA KOMUNITAS PECINTA ALAM TEAM STRESS ADVENTURE (TSA) MOJOKERTO. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDAKIAN GUNUNG SEBAGAI MEDIUM PENDIDIKAN KARAKTER PADA KOMUNITAS PECINTA ALAM TEAM STRESS ADVENTURE (TSA) MOJOKERTO)
18200010061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENDAKIAN GUNUNG SEBAGAI MEDIUM PENDIDIKAN KARAKTER PADA KOMUNITAS PECINTA ALAM TEAM STRESS ADVENTURE (TSA) MOJOKERTO)
18200010061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui profil pendaki sebagai pendidik maupun menjadi peserta didik, aspek aspek pendakian gunung sebagai pendidikan karakter pada Team Stress Adventure Mojokerto – Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif pendekatan penelitian lapangan, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan metode purposive sampling, adapun informan yang dipilih yaitu; empat orang, satu orang dari pengurus dan tiga orang dari anggota komunitas. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini dengan Miles and Huberman. Penelitian ini menemukan bahwa aspek-aspek pendakian gunung sebagai pendidikan karakter antara lain pertama model pendakian gunung sebagai pendidikan karakter meliputi: (1) yang perlu di siapkan dalam proses pendakian gunung sebagai pendidikan karakter yaitu mental, ego serta fisik seseorang, (2) yang paling berperan antara lain senior, pengurus, serta anggota komunitas Team Stress Adventure. (3) Model nilai yang di munculkan antara lain religius, disiplin, jujur, kreatif, menghargai, peduli, serta tanggung jawab. (4) proses dakian gunung sebagai pendidikan karakter antara lain pemberian pengetahuan dengan cara sharing, penguatan emosi anggota, serta tidakan anggota yang konsisten tanpa pendampingan pengurus. Kedua yaitu aktualisasi nilai karakter yang di hasilkan pendakian gunung sebagi pendidikan karakter pada komunitas Team Stress Adventure meliputi hasil dari pendidikan karakter seperti kecerdasan emosi yang sangat baik dan berhubungan dengan moral yang membentu hal baik maupun buruk serta bermanfaat bagi sektor sosial. Ketiga Faktor penghambat yang di alami anggota yang tidak mau mengutarakan apa kendala selama pendakiankepada pengurus danseorang anggota yang memiliki sikap minder, acuh tak acuh, rasa percaya diri rendah dan tidak di utarakan kepada pengurus. Keempat yaitu pendakian gunung sebagai pendidikan karakter bisa menjadi treatment bagi seorang pada suka traveling tetapi acuh tak acuh dengan keadaan sekitar maupu lingkungan yang sedang di kunjungi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendakian Gunung, Pendidikan Karakter, Komunitas Team Stress Adventure
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 22 Oct 2021 12:54
Last Modified: 22 Oct 2021 12:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45768

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum