KONSEP BIMBINGAN DAN KONSELING PERNIKAHAN KELUARGA ISLAMI MENUJU KELUARGA SAKINAH, MAWADDAH, WARAHMAH (Studi Pada Lembaga Sekolah Sakinah-Forum Ta’aruf Padi Melati, Bantul Yogyakarta)

Ahmad Zulkarnain, NIM.18200010066 (2020) KONSEP BIMBINGAN DAN KONSELING PERNIKAHAN KELUARGA ISLAMI MENUJU KELUARGA SAKINAH, MAWADDAH, WARAHMAH (Studi Pada Lembaga Sekolah Sakinah-Forum Ta’aruf Padi Melati, Bantul Yogyakarta). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP BIMBINGAN DAN KONSELING PERNIKAHAN KELUARGA ISLAMI MENUJU KELUARGA SAKINAH, MAWADDAH, WARAHMAH (Studi Pada Lembaga Sekolah Sakinah-Forum Ta’aruf Padi Melati, Bantul Yogyakarta))
18200010066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KONSEP BIMBINGAN DAN KONSELING PERNIKAHAN KELUARGA ISLAMI MENUJU KELUARGA SAKINAH, MAWADDAH, WARAHMAH (Studi Pada Lembaga Sekolah Sakinah-Forum Ta’aruf Padi Melati, Bantul Yogyakarta))
18200010066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Perkembangan bimbingan dan konseling masuk ke Indonesia berawal dari ranah dunia pendidikan. Sehingga baru dikenal hanya sebatas salah satu fasilitas yang ada di ruang lingkup sekolah saja. Namun, dengan pergeseran fungsi dan tujuannya, kegiatan bimbingan dan konseling tidak hanya berkutat pada kegiatan di dalam sekolah, namun dapat diterap-fungsikan di lingkungan luar sekolah. Semacam biro konsultasi misal, kegiatan bimbingan dan konseling bisa dilaksana-kan dengan prosedur yang jelas, agar dapat diketahui kegunaanya. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konsep bimbingan dan konseling pernikahan dalam keluarga Islami yang diselenggarakan oleh Sekolah Sakinah-Forum Ta‟aruf Padi Melati, dan juga untuk melihat pandangan (persepsi) dari para peserta putri yang mengikuti kegiatan di Sekolah Sakinah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan dengan analisis rancangan penelitian deskriptif, pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, dan doku-mentasi, serta pemilihan narasumber menurut kriteria yang sudah ditentukan. Adapun analisis pada bimbingan dan konseling pernikahan Islami untuk keluarga Indonesia, yang berpedoman pada teori Thohari Musnamar dan Fatchiah E. Kertamuda. Hasil penelitian tesis ini menunjukkan bahwa, konsep bimbingan dan konseling pernikahan yang dilaksanakan oleh Sekolah Sakinah-Forum Ta‟aruf Padi Melati sudah sangat cukup baik. Pelaksanaan kegiatan dihari libur (ahad) dan bukan dihari kerja, sangat membantu para peserta putri yang ingin bergabung dan ikut pada kegiatan ini, penyampaian materi yang disampaikan tiap pekannya disesuaikan pada program kerja yang sudah dilakukan secara turun-temurun di setiap angkatan-angkatan sebelumnya. Kemudian untuk penyusunan kurikulum yang sedemikian rupa, sangat sesuai dan tepat guna pada kebutuhan saat sekarang. Strategi yang diterapkan berupa ceramah, tanya jawab, curah pendapat dan berbagi pengalaman sangat diperhatikan betul di Forum ini, namun masih kurang dalam praktinya kepada peserta putra, yang masih belum sepenuhnya dijalankan di Sekolah Sakinah ini, sehingga terkesan adanya bias gender di dalamnya. Adapun evaluasi program yang dilakukan berupa diskusi bersama para stalk-holder, mulai penyelenggaraan, pemateri dan para pesertanya. Sedangkan untuk pandangan para peserta putri, hampir keseluruhannya merespon sangat baik dan sangat mengapresiasi akan kehadiran Forum Sakinah-Forum Ta‟aruf Padi Melati. Pada sesi akhir atau ditengah kegiatan forum ini berjalan, para peserta putri akan diperkenankan untuk mengirimkan proposal pernikahan, yang kemudian nanti akan dituntun pada prosesi nadhor.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Casmini, S.Ag, M.Si
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan Konseling Pernikahan, Keluarga Islami, dan Keluarga Sakinah
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 22 Oct 2021 13:05
Last Modified: 22 Oct 2021 13:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45771

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum