PROFIL GURU DALAM BUKU GURU GOKIL MURID UNYU KARYA J. SUMARDIANTA DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Adhuha Auliadin, NIM.: 14410066 (2020) PROFIL GURU DALAM BUKU GURU GOKIL MURID UNYU KARYA J. SUMARDIANTA DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROFIL GURU DALAM BUKU GURU GOKIL MURID UNYU KARYA J. SUMARDIANTA DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
14410066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PROFIL GURU DALAM BUKU GURU GOKIL MURID UNYU KARYA J. SUMARDIANTA DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
14410066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa kompetensi pedagogik menjadi hal yang penting bagi guru Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini mencoba mengkaji sebuah buku yang terkait dengan kompetensi pedagogik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana profil guru dalam buku Guru Gokil Murid Unyu karya J. Sumardianta dan mengetahui relevansinya dengan kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan mengetahui profil guru dalam sebuah buku Guru Gokil Murid Unyu karya J. Sumardianta dan relevansinya dengan kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yang meneliti sebuah buku berjudul Guru Gokil Murid Unyu karya J. Sumardianta yang diteliti menggunakan pendekatan content analysis. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: Profil guru dalam buku Guru Gokil Murid Unyu karya J. Sumardianta terbagi menjadi tiga yaitu, guru yang kompeten, guru yang profesional, dan guru yang terampil. Guru yang kompeten artinya guru mampu beradaptasi dengan berbagai perkembangan yang ada dan meningkatkan kompetensinya sebab guru pada saat ini bukan saja sebagai pengajar tetapi juga sebagai pengelola proses belajar mengajar. Guru yang profesional artinya guru merupakan faktor yang mempengaruhi berhasil tidaknya proses belajar dan karenanya guru harus menguasai prinsip-prinsip belajar di samping menguasai materi yang disampaikan. Guru yang terampil artinya haruslah senantiasa berupaya meningkatkan dan mengembangkan ilmu yang menjadi bidang studinya agar tidak ketinggalan jaman, ataupun di luar kedinasan yang terkait dengan tugas kemanusiaan dan kemasyarakatan secara umum di luar sekolah. Relevansinya dengan kompetensi pedagogik seorang guru Pendidikan Agama Islam adalah pemahaman karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual, pengembangan kurikulum Pendidikan Agama, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan agama, Pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki dalam bidang pendidikan agama, komunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ahmad Hanany Naseh, M.A.
Uncontrolled Keywords: guru profesional; kompetensi dasar; kompetensi pedagogik; kurikulum pendidikan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 22 Oct 2021 14:43
Last Modified: 22 Oct 2021 14:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45782

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum