KONSEP PREVENTIF PERILAKU HOMOSEKSUAL DALAM PERSPEKTIF MUHAMMAD BIN IBRAHIM AL-HAMD DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Kajian Kitab AL-JARIMAH AL-KHULUQIYYAH ‘AMALU QAUMI LUT SUBULU AL-WIQAYAH WA AL-‘ILAJ )

Wisnu Utomojati, NIM.: 14410164 (2021) KONSEP PREVENTIF PERILAKU HOMOSEKSUAL DALAM PERSPEKTIF MUHAMMAD BIN IBRAHIM AL-HAMD DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Kajian Kitab AL-JARIMAH AL-KHULUQIYYAH ‘AMALU QAUMI LUT SUBULU AL-WIQAYAH WA AL-‘ILAJ ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PREVENTIF PERILAKU HOMOSEKSUAL DALAM PERSPEKTIF MUHAMMAD BIN IBRAHIM AL-HAMD DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Kajian Kitab AL-JARIMAH AL-KHULUQIYYAH ‘AMALU QAUMI LUT SUBULU AL-WIQAYAH WA AL-‘ILAJ ))
14410164_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PREVENTIF PERILAKU HOMOSEKSUAL DALAM PERSPEKTIF MUHAMMAD BIN IBRAHIM AL-HAMD DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Kajian Kitab AL-JARIMAH AL-KHULUQIYYAH ‘AMALU QAUMI LUT SUBULU AL-WIQAYAH WA AL-‘ILAJ ))
14410164_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah karena permasalahan homoseksual sudah sampai dalam ranah pendidikan, sehingga peserta didik harus mendapatkan perlindungan pada akidah dan akhlak mereka agar tercegah dari perilaku homoseksual. Kitab Al-Jarimah Al-Khuluqiyyah ‘Amalu Qaumi Lut – Subulu Al-Wiqayah wa Al-‘Ilaj sebagai kitab yang khusus membahas perilaku homoseksual memiliki konsep preventif yang dibutuhkan agar peserta didik terhindar dari perilaku homoseksual. Maka diharapkan konsep preventif yang ada dalam kitab tersebut dapat diterapkan dan mampu mencegah dari bahayanya perilaku hmoseksual. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan atau library research. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan psikologis dan sosiologis. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan metode deskriptif analitik. Peneliti dalam penelitian ini mengungkapkan konsep preventif perspektif Syekh Muhammad bin Ibrahim al- Hamd, kemudian merelevansikan konsep tersebut dengan Pendidikan Agama Islam. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: 1) Konsep preventif perilaku homoseksual yang diberikan oleh Syekh Muhammad bin Ibrahim al-Hamd terbagi menjadi 3 konsep pokok yaitu: Pertama Konsep Hablumminallah yaitu konsep yang berhubungan dengan keimanan, ibadah, dan akhlak terhadap Allah Ta’ala, sehingga tercipta hubungan baik antara seorang hamba dan Allah Ta’ala yang akan mencegah seorang hamba dari perilaku homoseksual. Kedua Konsep Hablumminanas yaitu konsep yang berhubungan dengan akhlak dan sosialisasi terhadap sesama manusia, sehingga akan tercipta hubungan yang baik berdasarkan norma-norma agama Islam dan akan mencegah dari perilaku homoseksual. Ketiga Konsep Mujahadah An-Nafs yaitu konsep upaya dalam diri pribadi dalam menjauhi segala keburukan termasuk perilaku homoseksual. 2) Terdapat relevansi antara konsep preventif dalam kitab Al-Jari>mah Al-Khuluqiyyah ‘Amalu Qaumi Lut{ – Subulu Al-Wiqa>yah wa Al-‘Ilaj terhadap Pendidikan Agama Islam di Indonesia dari segi tujuannya dan standar isi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Eva Latipah, S.Ag., S.Psi., M.Si
Uncontrolled Keywords: Perilaku LGBT; misteri takdir; standar isi pendidikan agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Psikologi > Psikologi Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 22 Oct 2021 15:25
Last Modified: 22 Oct 2021 15:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45785

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum