METODE PENDIDIKAN SEKS DITINJAU DARI PERSPEKTIF PAI: KAJIAN NILAI-NILAI EDUKASI SEKS BAGI REMAJA MENGACU PADA BUKU “PENDIDIKAN SEKS NUSANTARA” KARYA SAFRUDIN AZIZ

Achmad Zainullah, NIM.: 14410202 (2020) METODE PENDIDIKAN SEKS DITINJAU DARI PERSPEKTIF PAI: KAJIAN NILAI-NILAI EDUKASI SEKS BAGI REMAJA MENGACU PADA BUKU “PENDIDIKAN SEKS NUSANTARA” KARYA SAFRUDIN AZIZ. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE PENDIDIKAN SEKS DITINJAU DARI PERSPEKTIF PAI: KAJIAN NILAI-NILAI EDUKASI SEKS BAGI REMAJA MENGACU PADA BUKU “PENDIDIKAN SEKS NUSANTARA” KARYA SAFRUDIN AZIZ)
14410202_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (METODE PENDIDIKAN SEKS DITINJAU DARI PERSPEKTIF PAI: KAJIAN NILAI-NILAI EDUKASI SEKS BAGI REMAJA MENGACU PADA BUKU “PENDIDIKAN SEKS NUSANTARA” KARYA SAFRUDIN AZIZ)
14410202_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa proses pembelajaran dalam semua bidang pendidikan tak terkecuali pada bidang pendidikan mengenai seks tidak dapat dilepaskan dari metode dalam pelaksanaannya. Perihal metode dalam pendidikan ini menarik karena berhubungan dengan nilai atau pola yang dapat dijadikan salah satu cara dalam upaya membentuk pribadi seorang anak didik sebagaimana cita-cita ideal dari pada agama maupun negara. Buku “Pendidikan Seks Nusantara” sebagai salah satu buku tentang pendidikan seks yang sebagian isinya mengemukakan sub bab mengenai metode pendidikan seks dapat dijadikan suatu acua guna menginternalisasi nilai-nilai agama Islam khususnya di bidang pendidikan seks bagi setiap anak didik. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian bagaimana tinjauan perspektif PAI terhadap metode pendidikan dimaksud. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan 3 metode yaitu deskriptif kualitatif, analisis isi dan komparatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat 6 bentuk metode pendidikan pendidikan seks yang dapat dijadikan pola internalisasi nilai, yaitu metode keteladanan, metode pembiasaan, metode pengikatan, metode ceramah, metode tanya jawab, dan metode diskusi. 2) Muatan nilai-nilai PAI yang terkandung pada sejumlah metode tersebut meliputi aspek pendidikan akidah (al-Ahkām al-I‟tiqādiyyah), pendidikan perilaku (al-Ahkām al-„Amaliyyah), dan pendidikan akhlak (al-Ahkām al-Khuluqiyyah). 3) Terdapat implikasi sejumlah metode tersebut dalam PAI, yaitu sebagai cara guna melakukan transformasi dan internalisasi nilai agama Islam bagi anak didik sehingga terbentuk menjadi pribadi Muslim. Nilai-nilai agama Islam dimaksud meliputi; a) aspek Al-I‟tiqādiyyah seperti mandiri (dalam menyikapi arus pergaulan dengan bekal pengetahuan agama), merasakan pengawasan Allah SWT. secara penuh, dan mawas diri (agar tidak melakukan hal-hal yang menimbulkan dosa dan malapetaka). b) aspek „Al-„Amaliyyah, meliputi pendidikan ibadah yang dengannya anak akan dapat tumbuh, menjadi pribadi yang baik, tidak diperbudak oleh nafsu syahwat dan materi, tidak diperbudak oleh kecantikan wanita dan kedudukan, serta terbiasa hidup sederhana, dan penidikan Siyāsah seperti persaudaraan, musyawarah, toleransi, dan tanggung jawab. c) aspek Al-Khuluqiyyah seperti kasih sayang sesama manusia, cinta lingkungan, berlaku Jujur dan Amanah dan disiplin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nur Saidah, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: perilaku seks; pendidikan seks; kesehatan reproduksi
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Psikologi > Psikologi Remaja
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 22 Oct 2021 15:33
Last Modified: 22 Oct 2021 15:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45788

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum