IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI TK IT AROFAH 3 BADE DESA BADE, KECAMATAN KLEGO, KABUPATEN BOYOLALI

Lusiana Oktaviani Putri Utami, NIM.: 17104030005 (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI TK IT AROFAH 3 BADE DESA BADE, KECAMATAN KLEGO, KABUPATEN BOYOLALI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI TK IT AROFAH 3 BADE DESA BADE, KECAMATAN KLEGO, KABUPATEN BOYOLALI)
17104030005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI TK IT AROFAH 3 BADE DESA BADE, KECAMATAN KLEGO, KABUPATEN BOYOLALI)
17104030005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi, pembelajaran anak usia dini pada masa pandemi covid-19 mengalami berbagai macam perubahan. Perubahan pembelajaran satu dengan pembelajaran lain menyebabkan tidak terfokusnya pemilihan pembelajaran yang diterapkan pada pendidikan anak usia dini pada masa pandemi covid-19. Dua pembelajaran yang berlaku di TK IT Arofah 3 Bade yaitu pembelajaran home visit dan pembelajaran online (daring). Kedua pembelajaran itu bisa dijadikan penerapan yang sesuai dengan kondisi Kabupaten Boyolali saat ini yang masih terdampak covid-19 dalam dunia pendidikan. Salah satu lembaga PAUD yang menerapkan pembelajaran home visit dan pembelajaran online (daring) yaitu TK IT Arofah 3 Bade. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian mengenai implementasi pembelajaran anak usia dini terutama pembelajaran home visit dan pembelajaran online (daring) dan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dari kedua pembelajaran di TK IT Arofah 3 Bade. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pembelajaran anak usia dini pada masa pandemi covid-19 di TK IT Arofah 3 Bade, apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembelajaran anak usia dini terutama pembelajaran home visit dan pembelajaran online (daring). Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan credibility menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan pembelajaran di TK IT Arofah 3 Bade pada masa pandemi covid-19 yaitu pembelajaran home visit dan pembelajaran online (daring). Terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Covid-19
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 22 Oct 2021 15:37
Last Modified: 29 Oct 2021 09:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45790

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum