EKSPERIMENTASI METODE FONETIK DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH ISTIMA’ DAN KALAM KELAS IV MI MA’ARIF BEGO D.I YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019

Ahmad Rosyid Mustaghfirin, NIM.: 14420107 (2021) EKSPERIMENTASI METODE FONETIK DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH ISTIMA’ DAN KALAM KELAS IV MI MA’ARIF BEGO D.I YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI METODE FONETIK DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH ISTIMA’ DAN KALAM KELAS IV MI MA’ARIF BEGO D.I YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019)
14420107_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI METODE FONETIK DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH ISTIMA’ DAN KALAM KELAS IV MI MA’ARIF BEGO D.I YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019)
14420107_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah penggunaan metode fonetik dalam pembelajaran maharah istima’ dan kalam, serta untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol siswa kelas IV MI Ma‟arif Bego Yogyakarta tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode eksperimen. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Tes dalam penelitian ini ada dua, yaitu pretest dan post-test. Uji validitas instrumen menggunakan product moment Karl Peorson untuk tes istima’ dan validasi ahli untuk soal kalam, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus kolmogorov-smirnov, serta uji homogenitas dengan test of homogenity variance. Hasil perolehan data diolah dan dianalisis menggunaka uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode fonetik berjalan dengan baik dan lancar. Terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar istima’ dan kalam pada siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dari hasil uji independent sample t test nilai post-test dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 (<0,05) yang artinya ada perbedaan signifikan antara hasil belajar kelas ekpserimen dan kelas kontrol. Hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 68,72, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 57,88. Sehingga, metode fonetik dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran maharah istima’ dan kalam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nurhadi, S.Ag., MA
Uncontrolled Keywords: ketrampilan berbicara; ketrampilan meniyimak; pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 26 Oct 2021 18:15
Last Modified: 26 Oct 2021 18:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45821

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum