IMPLEMENTASI METODE AN-NAHDLIYAH DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN PADA SISWA SD IT SAMAWI TAJEMAN PALBAPANG BANTUL TA. 2019/2020

Supatmi, NIM.: 13480007 (2020) IMPLEMENTASI METODE AN-NAHDLIYAH DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN PADA SISWA SD IT SAMAWI TAJEMAN PALBAPANG BANTUL TA. 2019/2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE AN-NAHDLIYAH DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN PADA SISWA SD IT SAMAWI TAJEMAN PALBAPANG BANTUL TA. 2019/2020)
13480007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE AN-NAHDLIYAH DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN PADA SISWA SD IT SAMAWI TAJEMAN PALBAPANG BANTUL TA. 2019/2020)
13480007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui penerapan pembelajaran menggunakan metode An-Nahdliyah (2) mengetahui faktor pendukung serta penghambat dalam melakukan pembelajaran pada siswa di SD IT Samawi Tajeman Palbapang Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah sebagian dari guru, karyawan dan siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi. Adapun teknik menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan simpulan. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian antara lain: (1) Proses pembelajaran Al-Qur’an metode AN-Nahdliyah menggunakan 7 tahapan pembelajaran pada umumnya yaitu pembukaan, apersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, latihan, evaluasi dan penutup. Pada dasarnya pembelajaran menggunakan metode An-Nahdliyah lebih efektif, mudah dipahami, bagus, dan menarik. terbukti bahwa siswa semakin lancar dan perkembangannya dalam mengaji sangat bagus dan berjalan sesuai yang diharapkan. (2) Faktor pendukung metode An-Nahdliyah di SD IT Samawi Tajeman Palbapang Bantul: guru Al-Qur’an, diklat guru, sarana prasarana dan dukungan orang tua. Faktor penghambat metode An-Nahdliyah di SD IT Samawi Tajeman Palbapang Bantul: pendidikan guru, penguasaan materi, disiplin waktu serta kurang lengkapnya sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Nur Hidayat, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: pembelajaran Al-Qur’an; membaca Al-Qur’an; tadarus Al-Qur’an
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 25 Oct 2021 14:47
Last Modified: 25 Oct 2021 14:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45823

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum