HUBUNGAN PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV DI MI MA’ARIF PIJENAN YOGYAKARTA

Setiawan Pambudi, NIM.: 13480067 (2020) HUBUNGAN PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV DI MI MA’ARIF PIJENAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV DI MI MA’ARIF PIJENAN YOGYAKARTA)
13480067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV DI MI MA’ARIF PIJENAN YOGYAKARTA)
13480067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan metode pembelajaran berbasis praktikum Matematika; untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis Matematika dengan diterapkan metode pembelajaran berbasis praktikum Matematika; dan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran berbasis praktikum Matematika terhadap kemampuan berpikir kritis pada MI Ma’arif Pijenan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kausalitas. Metode kausalitas merupakan penelitian untuk mengetahui ada tidaknya akibat dari suatu yang dikenakan pada subjek selidik. Penelitian ini mengambil tempat di MI Ma’arif Pijenan Yogyakarta. Semester Genap tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2020. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Ma’arif Pijenan Yogyakarta yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes. Analisis data menggunakan analisis Regresi Sederhana dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon siswa terhadap penerapan metode pembelajaran berbasis praktikum Matematikan adalah respon yang positif. Hal ini terlihat dari 32 siswa memberikan respon yang positif. Hasil dari test keterampilan berpikir kritis siswa setelah menunjukkan siswa mendapatkan skor yang sangat baik. Hal ini menandakan bahwa kemampuan berpikir siswa dikategorikan sangat tinggi.Uji kebaikan model menunjukan Koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,437% atau 43,7% variabel berpikir kritis dijelaskan oleh variabel penggunaan metode pembelajaran berbasis Matematika dan sisanya sebesar 55,3% dijelaskan oleh variabel lain. Hal ini menunjukan bahwa penerapan metode pembelajaran praktikum cocok diterapkan di kelas IV MI Ma’arif Pijenan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Maemonah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Karakteristik siswa; keterampilan berpikir kritis
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 25 Oct 2021 14:20
Last Modified: 25 Oct 2021 14:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45825

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum