STRATEGI ORANGTUA DALAM MENGATASI ANAK YANG JENUH BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19 KELOMPOK B TK MASYITHOH II SANANSARI

Nurul Fauziah, NIM.: 17104030072 (2021) STRATEGI ORANGTUA DALAM MENGATASI ANAK YANG JENUH BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19 KELOMPOK B TK MASYITHOH II SANANSARI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI ORANGTUA DALAM MENGATASI ANAK YANG JENUH BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19 KELOMPOK B TK MASYITHOH II SANANSARI)
17104030072_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI ORANGTUA DALAM MENGATASI ANAK YANG JENUH BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19 KELOMPOK B TK MASYITHOH II SANANSARI)
17104030072_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perubahan pelaksanaan pembelajaran yang disebabkan oleh wabah pandemi covid-19. Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan dari rumah ini sudah berjalan hampir 10 bulan. Hal ini membuat anak merasa jenuh dengan kegiatan belajar yang monoton. Orangtua diharapkan dapat berpartisipasi penuh dalam menghadapi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa saja strategi yang diterapkan orang tua dalam mengatasi anak yang jenuh belajar di masa pandemi cpvid-19, untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung dalam menerapkan strategi tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di TK Masyithoh II Sanansari, subyek penelitian yaitu kepala sekolah, guru, orang tua dan peserta didik. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model Milles dan Hubermen yaitu data reduction, data display dan data conclusion drawing/verivication, sedangkan untuk uji keabsahan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menyimpulkan kondisi belajar anak Kelompok B TK Masyithoh II Sanansari di masa pandemi covid-19 yaitu tidak adanya teman dalam bertukar imajinasi serta kegiatan belajar yang dilakukan dengan suasana yang monoton sehingga menyebabkan kejenuhan pada anak. Hal tersebut dapat diatasi dengan melakukan penerapan strategi orangtua untuk mengatasi anak yang jenuh belajar di masa pandemi covid-19 Kelompok B TK Masyithoh II Sanansari yang terdiri dari tiga point yaitu dengan mengulang perintah, memberikan dukungan psikologis anak, dan membarikan reward. Penerapan strategi ini dipengaruhi oleh faktor pendukung berupa keinginan anak dalam mengerjakan kegiatan, dan dukungan dari pihak keluarga sedangkan faktor penghambat yaitu suasana hati anak yang buruk atau bad mood, tidak adanya pihak keluarga yang menggantikan ibu dalam melakukan pendampingan belajar, dan teman sebaya yang sering mengajak anak bermain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Nadlifah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Strategi Orang Tua, Jenuh Belajar, Pandemi Covid-19
Subjects: Covid-19
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 25 Oct 2021 08:25
Last Modified: 25 Oct 2021 08:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45828

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum