PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL TERHADAP KINERJA GURU MELALUI VARIABEL KONTROL ETOS KERJA DI SMK DAARUL ABROOR TASIKMALAYA

Istinari Basori Alwi, NIM.: 17104090023 (2021) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL TERHADAP KINERJA GURU MELALUI VARIABEL KONTROL ETOS KERJA DI SMK DAARUL ABROOR TASIKMALAYA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL TERHADAP KINERJA GURU MELALUI VARIABEL KONTROL ETOS KERJA DI SMK DAARUL ABROOR TASIKMALAYA)
17104090023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL TERHADAP KINERJA GURU MELALUI VARIABEL KONTROL ETOS KERJA DI SMK DAARUL ABROOR TASIKMALAYA)
17104090023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilatar belakangi oleh adanya kesenjangan yang terjadi di lapangan dengan teori yang berkaitan dengan profesionalisme dan kinerja guru berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru serta Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Pasal 35 tentang Guru dan Dosen. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh antara variabel kompetensi profesional guru terhadap kinerja guru yang dikontrol oleh variabel etos kerja serta mengetahui besaran pengaruh antar variabel. Penelitian ini berlokasi di SMK Daarul Abroor Tasikmalaya dengan metode sampling total yang mengambil jumlah populasi secara keseluruhan sebanyak 40 orang. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kompetensi profesional (X), sedangkan variabel dependen berupa kinerja guru (Y). Selain itu terdapat variabel kontrol berupa etos kerja (Z). Instrumen pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) serta dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini terdiri atas analisis deskriptif dan analisis inferensial menggunakan aplikasi Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 22. Berdasarkan hasil perbandingan antara koefisien korelasi bivariat dengan koefisien korelasi parsial diperoleh ryx > ryx.z = 0,807 > 0,519. Dari perbandingan tersebut dapat disimpulkan bahwa kompetensi profesional dapat berpengaruh terhadap kinerja guru karena dikontrol oleh etos kerja. Dalam analisis regresi ganda, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi profesional (X) terhadap kinerja guru (Y) melalui variabel kontrol etos kerja (Z) dengan koefisien determinasi R2 sebesar 0,706 dengan nilai signifikansi 0,000 atau kurang dari α= 0,05. Artinya, variabel kinerja guru (Y) mampu diterangkan oleh variabel kompetensi profesional (X) dan variabel etos kerja (Z) sebesar 70,6%. Persamaan regresi ganda yaitu Y= 0,195X + 0,504X + 0,362X. Dengan demikian, agar kompetensi profesional mampu berkontribusi terhadap kinerja guru maka harus didukung oleh etos kerja yang dimiliki setiap individu guru tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Imam Machali, S.Pd.I., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional, Kinerja Guru, Etos Kerja.
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan berbasis kompetensi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 25 Oct 2021 08:38
Last Modified: 29 Oct 2021 09:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45830

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum