STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA UNTUK MENDAPATKAN SISWA BARU DI MI MA’HAD ISLAMY KOTAGEDE YOGYAKARTA

Ihsan Bahtiar Bangkit Pradana, NIM.: 17104090049 (2021) STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA UNTUK MENDAPATKAN SISWA BARU DI MI MA’HAD ISLAMY KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA UNTUK MENDAPATKAN SISWA BARU DI MI MA’HAD ISLAMY KOTAGEDE YOGYAKARTA)
17104090049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA UNTUK MENDAPATKAN SISWA BARU DI MI MA’HAD ISLAMY KOTAGEDE YOGYAKARTA)
17104090049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dewasa ini dimana telah banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya pendidikan sehingga memicu tingginya kebutuhan akan jasa pendidikan membuat pertumbuhan sekolah semakin pesat. Setiap sekolah berlomba – lomba untuk mendapatkan siswa baru setiap tahunnya, pada umumnya sekolah yang sudah dikenal luas dan memiliki reputasi yang baik akan lebih mudah untuk mendapatkan siswa baru, akan tetapi bagi sekolah yang belum dikenal luas oleh masyarakat maka mencari siswa baru merupakan sebuah permasalahan cukup pelik. Untuk itu sekolah – sekolah harus berusaha sebaik mungkin agar mampu bersaing dengan sekolah lain yang serupa. Penelitian ini dilakukan karena menurut peneliti telah banyak penelitian yang membahas mengenai pemasaran namun hanya membahas sekolah yang memang memiliki berbagai keunggulan, sedangkan MI Ma’had Islamy merupakan sekolah yang berada di tengah perkampungan namun berhasil mendapatkan siswa baru yang cukup banyak sementara banyak sekolah lain yang memiliki lokasi yang lebih strategis namun hanya mampu mendapatkan siswa baru yang sedikit. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek dalam penelitian ini merupakan kepala sekolah, ketua tim pemasaran dan wali murid. Pengambilan sampel pada penelitian ini didasarkan pada kriteria 3M yaitu mengetahui, memahami, dan mengalami. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi,wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan teknik triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kesuksesan MI Ma’had Islamy Kotagede Yogyakarta berhasil mendapatkan jumlah siswa baru yang cukup banyak adalah karena MI Ma’had Islamy menggunakan strategi pemasaran dan memiliki tim untuk melakukan strategi pemasaran. Dari strategi pemasaran yang dilakukan MI Ma’had Islamy terdapat unsur teori bauran pemasaran marketing mix 7P. Namun dari ke- tujuh bagian tersebut lokasi MI Ma’had Islamy kurang menguntungkan untuk pemasaran karena berada di tengah – tengah kampung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sibawaihi, S.Ag., M.Si., Phd.
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Jasa Pendidikan
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 25 Oct 2021 08:59
Last Modified: 29 Oct 2021 09:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45833

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum