STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 SAPURAN KABUPATEN WONOSOBO TAHUN 2021

Reni Fatmawati, NIM.: 17104090060 (2021) STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 SAPURAN KABUPATEN WONOSOBO TAHUN 2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 SAPURAN KABUPATEN WONOSOBO TAHUN 2021)
17104090060_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 SAPURAN KABUPATEN WONOSOBO TAHUN 2021)
17104090060_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula karena di SMA Negeri 1 Sapuran merupakan salah satu sekolah yang memiliki kepemimpinan demokratis. Tujuan dari penelitian ini pertama, untuk mengetahui strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kineja guru di SMA Negeri 1 Sapuran, kedua, untuk mengetahui upaya-upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Negeri 1 Sapuran, ketiga, untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat kinerja guru di SMA Negeri 1 Sapuran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan mengambil latar bekalang SMA Negeri 1 Sapuran. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru di SMA Negeri 1 Sapuran. Teknik pengambilan sampel menggunakan purpose sampling dan snowball sampling berdasarkan prinsip 3M, yaitu mengetahui, memahami, dan mengalami. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara melaksanakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, setelah semuanya terkumpul langkah selanjutnya adalah membuat kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama, kepemimpinan kepala sekolah di SMA Negeri 1 Sapuran adalah tipe kepemimpinan demokratis. Hal tersebut dapat dilihat dari upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru, peran kepala sekolah dalam mengatasi permasalahan yang ada dengan melibatkan semua guru dan staf di SMA Negeri 1 Sapuran. kedua, upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru yakni; 1. Kepala sekolah berusaha mengetahui bagaimana latar belakang keluarga di rumah karena hal tersebut sangat berpengaruh dalam kinerja guru di sekolah, 2. Kepala sekolah memonitor kegiatan guru dalam proses KBM, 3. Kepala sekolah mengirimkan beberapa guru mengikuti workshop maupun in house training, 4. Kepala sekolah melakukan pergantian team work inovasi program sekolah yang ada, ketiga, faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan kinerja guru yakni, 1. Faktor pendukung meliputi; kompetensi kepala sekolah, jumlah guru berstatus PNS sebanyak 40 guru, manajemen tatanan sekolah yang baik, hubungan kekeluargaan yang sangat erat antar guru. 2. Faktor Penghambat meliputi; terdiri dari guru yang sudah hampir pensiun bersikap acuh, dan guru senior yang enggan menggunakan teknologi dalam pembelajaran seperti google classroom.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Subiyantoro, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Kinerja Guru
Subjects: Covid-19
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 25 Oct 2021 09:24
Last Modified: 25 Oct 2021 09:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45834

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum