STRATEGI BRANDING IMAGE LEMBAGA PENDIDIKAN TINGGI ISLAM DALAM MENGHADAPI ERA PERSAINGAN DI PASAR BEBAS (STUDI KASUS DI PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)

Agnedya Anneke Putri, NIM.: 17104090062 (2021) STRATEGI BRANDING IMAGE LEMBAGA PENDIDIKAN TINGGI ISLAM DALAM MENGHADAPI ERA PERSAINGAN DI PASAR BEBAS (STUDI KASUS DI PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI BRANDING IMAGE LEMBAGA PENDIDIKAN TINGGI ISLAM DALAM MENGHADAPI ERA PERSAINGAN DI PASAR BEBAS (STUDI KASUS DI PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
17104090062_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI BRANDING IMAGE LEMBAGA PENDIDIKAN TINGGI ISLAM DALAM MENGHADAPI ERA PERSAINGAN DI PASAR BEBAS (STUDI KASUS DI PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
17104090062_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Maraknya berdiri lembaga pendidikan saat ini merupakan salah satu dampak dari era pasar bebas. Maka sudah seharusnya lembaga pendidikan menjaga eksistensi kelembagaanya dan memperbaiki mutu kelembagaan melalui strategi brand image. Animo masyarakat terhadap lembaga pendidikan Islam dirasa kurang tertarik. Penelitian ini bermaksud mendeskripsikan mengenai strategi brand image pada program studi MPI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk mempertahankan citra baik kelembagaan dalam menghadapi era persaingan di pasar bebas. Mempertahankan brand image prodi merupakan salah satu upaya yang efektif dalam menjaga eksistensi prodi di era pasar bebas ini. Prodi MPI merupakan salah satu prodi yang penerapan strategi brand image bisa dikatakan mumpuni. Terbukti dengan prodi MPI FITK UIN Sunan Kalijaga menjadi prodi rujukan bagi prodi MPI lainnya. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun populasi yang diambil dalam penelitian ini yaitu ketua prodi, sekretaris prodi, dosen dan mahaiswa yang menjadi atau pernah menjadi ketua HMJ MPI. Pengambilan sampel dilakukan secara indepth interviews dan didasarkan pada kriteria 3M, yaitu (orang yang mengetahui, memahami, dan mengalami). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisa dari wawancara indepth interviews yang sudah dilakukan menunjukkan bahwasanya prodi MPI telah menerapkan strategi brand image dengan optimal. Terbukti dengan: 1) Prodi MPI FITK UIN Sunan Kalijaga menjadi prodi Driver Departement di mana prodi MPI menjadi prodi rujukan bagi prodi MPI lain di Indoneisa, baik dari segi kurikulum maupun yang lainnya. 2) Akreditasi prodi MPI mencapai nilai maksimal dengan kategori A. 3) Kredibilitas prodi MPI FITK UIN Sunan Kalijaga sangat tinggi, dibuktikan dengan banyaknya dosen MPI yang diundang untuk dijadikan narasumber. 4) Tahun ini prodi MPI berkesempatan untuk membuka kelas internasional. Realisasi penerapan strategi brand image dilakukan melalui kegiatan a. akreditasi, b. event prodi, c. kualitas lulusan serta d. tingkah laku mahasiswa.Meskipun prodi MPI menjadi prodi rujukan akan tetapi prodi MPI tidak lengah akan hal yang sudah dicapai. Upaya mempertahankan brand image kelembagaan diterapkan prodi MPI melalui inovasi - inovasi kelembagaan dan perbaikan mutu berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. M. Jamroh Latief, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Brand Image, Lembaga Pendidikan Islam, Pasar Bebas
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 25 Oct 2021 09:29
Last Modified: 25 Oct 2021 09:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45835

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum