OPTIMALISASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DI SD MUHAMMADIYAH SURUSUNDA SEBAGAI SEKOLAH RUJUKAN SD/MI SE-KABUPATEN CILACAP

Nisa Aulia Rahmah, NIM.: 17104090088 (2021) OPTIMALISASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DI SD MUHAMMADIYAH SURUSUNDA SEBAGAI SEKOLAH RUJUKAN SD/MI SE-KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (OPTIMALISASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DI SD MUHAMMADIYAH SURUSUNDA SEBAGAI SEKOLAH RUJUKAN SD/MI SE-KABUPATEN CILACAP)
17104090088_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (OPTIMALISASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DI SD MUHAMMADIYAH SURUSUNDA SEBAGAI SEKOLAH RUJUKAN SD/MI SE-KABUPATEN CILACAP)
17104090088_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Sarana dan prasarana adalah salah satu dari Standar Nasional Pendidikan yang wajib dimiliki setiap lembaga pendidikan. Maka dari itu setiap lembaga pendidikan yang berkualitas wajib mempunyai sarana dan prasarana yang memadai serta lengkap. Namun, masih banyak lembaga pendidikan yang kurang memperhatikan kelengkapan sarana dan prasarananya. Tujuan dari penelitian ini untuk dapat mengetahui menajemen sarana dan prasarana di SD Muhammadiyah Surusunda, serta bagaimana upaya mengoptimalisasikan manajemen sarana dan prasarana sebagai sekolah rujukan di SD Muhammadiyah Surusunda beserta faktor pendukung dan penghambat setiap upaya yang dilakukan. Jenis penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian kualitatif. Adapun objek penelitian ini ialah SD Muhammadiyah Surusunda terkait optimalisasi manajemen sarana dan prasarana di SD Muhammadiyah Surusunda sebagai sekolah rujukan SD/MI se-Kabupaten Cilacap. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengambilan sample dilaksanakan secara indepth interviews dan didasarkan pada kriteria 3M yaitu orang yang mengalami, memahami dan mengetahui. Analisis data dengan memberikan makna pada data yang telah dikumpulkan, dan dinarasikan, kemudian dari data tersebut ditarik kesimpulan. Keabsahan data diuji menggunakan trianggulasih sumber. Hasil dari analisa ini menunjukan: 1) Manajemen Sarana dan Prasarana di SD Muhammadiyah Surusunda dengan proses perencanaan, pengadaaan, penggunaan, pemeliharaan, inventarisasi dan penghapusan. 2) Optimalisasi manajemen sarana dan prasarana sebagai sekolah rujukan SD/MI se-Kabupaten Cilacap dengan dilakukan berbagai upaya, yaitu: a. melengkapi sarana dan prasaraana dengan cara membeli buku-buku pembelajaran dan buku cerita, membeli proyektor, dan pengadaan wifi sekolah, b. membuat rak buku menggunakan bahan sederhana dan mudah, c. pengadaan rak buku sebagai tempat buku-buku perpustakaan dan alat peraga agar tetap terjaga dan terawat dengan baik, d. rangkap ruang kelas dengan cara menyatukan dua kelas jadi satu dan dilakukan dengan bergantian. e. Pemeliharaan gedung dan sarana pendidikan dengan pengecetan dan perbaikan . 3) Faktor pendukung yaitu Sumber Daya Manusia yang berkomitmen, kerjasama warga sekolah, melengkapi sarana penunjang. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu lahan yang sempit sehingga belum memungkinkan menambah ruang kelas dan ruang perpustakaan, terbatasnya anggaran dan kurangnya dana SD Muhammadiyah Surusunda dikarenakan pembayaaran iuran bulanan yang menunggak.Sarana dan prasarana adalah salah satu dari Standar Nasional Pendidikan yang wajib dimiliki setiap lembaga pendidikan. Maka dari itu setiap lembaga pendidikan yang berkualitas wajib mempunyai sarana dan prasarana yang memadai serta lengkap. Namun, masih banyak lembaga pendidikan yang kurang memperhatikan kelengkapan sarana dan prasarananya. Tujuan dari penelitian ini untuk dapat mengetahui menajemen sarana dan prasarana di SD Muhammadiyah Surusunda, serta bagaimana upaya mengoptimalisasikan manajemen sarana dan prasarana sebagai sekolah rujukan di SD Muhammadiyah Surusunda beserta faktor pendukung dan penghambat setiap upaya yang dilakukan. Jenis penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian kualitatif. Adapun objek penelitian ini ialah SD Muhammadiyah Surusunda terkait optimalisasi manajemen sarana dan prasarana di SD Muhammadiyah Surusunda sebagai sekolah rujukan SD/MI se-Kabupaten Cilacap. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengambilan sample dilaksanakan secara indepth interviews dan didasarkan pada kriteria 3M yaitu orang yang mengalami, memahami dan mengetahui. Analisis data dengan memberikan makna pada data yang telah dikumpulkan, dan dinarasikan, kemudian dari data tersebut ditarik kesimpulan. Keabsahan data diuji menggunakan trianggulasih sumber. Hasil dari analisa ini menunjukan: 1) Manajemen Sarana dan Prasarana di SD Muhammadiyah Surusunda dengan proses perencanaan, pengadaaan, penggunaan, pemeliharaan, inventarisasi dan penghapusan. 2) Optimalisasi manajemen sarana dan prasarana sebagai sekolah rujukan SD/MI se-Kabupaten Cilacap dengan dilakukan berbagai upaya, yaitu: a. melengkapi sarana dan prasaraana dengan cara membeli buku-buku pembelajaran dan buku cerita, membeli proyektor, dan pengadaan wifi sekolah, b. membuat rak buku menggunakan bahan sederhana dan mudah, c. pengadaan rak buku sebagai tempat buku-buku perpustakaan dan alat peraga agar tetap terjaga dan terawat dengan baik, d. rangkap ruang kelas dengan cara menyatukan dua kelas jadi satu dan dilakukan dengan bergantian. e. Pemeliharaan gedung dan sarana pendidikan dengan pengecetan dan perbaikan . 3) Faktor pendukung yaitu Sumber Daya Manusia yang berkomitmen, kerjasama warga sekolah, melengkapi sarana penunjang. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu lahan yang sempit sehingga belum memungkinkan menambah ruang kelas dan ruang perpustakaan, terbatasnya anggaran dan kurangnya dana SD Muhammadiyah Surusunda dikarenakan pembayaaran iuran bulanan yang menunggak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ahmad Arifi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi, Manajemen Sarana dan Prasarana, Sekolah Rujukan
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 25 Oct 2021 09:32
Last Modified: 25 Oct 2021 09:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45836

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum