PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERMUATAN MULTIREPRESENTASI PADA MATERI HIDROKARBON

Titah Nor Fahmi, NIM.: 17106070017 (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERMUATAN MULTIREPRESENTASI PADA MATERI HIDROKARBON. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERMUATAN MULTIREPRESENTASI PADA MATERI HIDROKARBON)
17106070017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERMUATAN MULTIREPRESENTASI PADA MATERI HIDROKARBON)
17106070017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Modul merupakan salah satu media pembelajaran yang sering digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Penggunaan modul saat ini cenderung hanya melibatkan representasi makroskopik dan simbolik, bahkan ada yang hanya melibatkan satu jenis representasi. Hal ini mengakibatkan konsep kimia yang tersampaikan tidak menyeluruh di pahami oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul kimia bermuatan multirepresentasi pada materi hidrokarbon. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 4D (four- D model) yang diadaptasi dari Thiagarajan. Tahapan model 4D meliputi Define, Design, Develop, dan Disseminate. Namun penelitian ini hanya dibatasi pada tahap Develop. Produk yang dikembangkan ditinjau oleh dosen pembimbing dan 3 peer reviewer untuk diberi masukan dan saran, kemudian produk divalidasi oleh ahli materi dan ahli media sekaligus dinilaikan kepada 5 guru kimia SMA/MA dan direspon oleh 10 siswa. Hasil validasi ahli materi dan ahli media menunjukkan bahwa kualitas modul yang dikembangkan termasuk dalam kategori Sangat Baik (SB) dengan persentase berturut-turut sebesar 93,2% dan 91,7%. Penilaian guru kimia SMA/ MA dan hasil respon siswa menunjukkan bahwa kualitas modul yang dikembangkan termasuk dalam kategori Sangat Baik (SB) dengan persentase berturut-turut 91% dan 91%. Oleh karena itu modul pembelajaran kimia bermuatan multirepresentasi pada materi hidrokarbon ini dapat dikatakan layak digunakan sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Retno Aliyatul Fikroh, S.Pd.Si., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Research and Development (R&D), Modul Pembelajaran, Multirepresentasi Kimia, Hidrokarbon
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 25 Oct 2021 09:42
Last Modified: 25 Oct 2021 09:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45838

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum