AL NIZA’ AL DINI BAYNA AL ISLAM WA AL MASIHI FI AL RIWAYAH ‘AMALIQAT AL SYIMAL LI NAJIB AL KAILANI (DIRASAH TA’BIRIYYAH)

Fita Sukmawati, NIM.: 15110089 (2021) AL NIZA’ AL DINI BAYNA AL ISLAM WA AL MASIHI FI AL RIWAYAH ‘AMALIQAT AL SYIMAL LI NAJIB AL KAILANI (DIRASAH TA’BIRIYYAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL NIZA’ AL DINI BAYNA AL ISLAM WA AL MASIHI FI AL RIWAYAH ‘AMALIQAT AL SYIMAL LI NAJIB AL KAILANI (DIRASAH TA’BIRIYYAH))
15110089_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (AL NIZA’ AL DINI BAYNA AL ISLAM WA AL MASIHI FI AL RIWAYAH ‘AMALIQAT AL SYIMAL LI NAJIB AL KAILANI (DIRASAH TA’BIRIYYAH))
15110089_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bentuk-bentuk konflik keagamaan yang terjadi dalam sebuah novel dan korelasinya terhadap kehidupan si pengarang. Objek material yang digunakan adalah novel yang berjudul ‘Amaliq al Syimal karya Najib Kaelani dan dianalisis dengan pendekatan ekspresif yang lebih memandang karya sastra sebagai ekspresi dunia batin pengarangnya. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan kajian pustaka yaitu dengan mengambil data yang berupa kutipan novel ‘Amaliq al Syimal yang memiliki unsur konflik antar agama dan penulis akan menganalisis data-data tersebut sehingga metode dalam penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analitis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa apa yang ditulis oleh Najib kaelani dalam novelnya yang berjudul ‘Amaliq al Syimal merupakan representasi dari pengalaman-pengalaman yang pernah dialami oleh Najib Kaelani di kehidupan nyata. Adapun konflik-konflik yang terjadi, penulis membaginya ke dalam empat bagian konflik di antaranya, konflik agama terkait pada kasus politik dan kebijakan yang terdiri dari dua kasus yaitu kesenjangan sosial di rumah sakit dan pembebasan kaum muslim oleh Perwira Kristen Hausa; konflik agama terkait persaingan tidak sehat dalam berdakwah yaitu pada kasus konflik wilayah di Suku Ibo; konflik yang terkait isu terorisme pada kasus terbunuhnya tokoh Ahmadu Bello dan konflik di dalam penjara Nigeria Utara; konflik agama terkait isu hilangnya kebebasan dalam memeluk agama yaitu ketika Gamaka memeluk Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Yulia Nasrul Latifi, S.Ag., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Konflik Islam-Kristen; Novel Amaliq al-Syimal; Najib Kailani
Subjects: Bahasa Arab
Kesusastraan Arab > Novel - Sejarah
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 25 Oct 2021 09:46
Last Modified: 11 Apr 2022 14:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45842

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum