UJI VALIDASI TATALAKSANA PERCOBAAN LAJU REAKSI KIMIA BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK PEMBELAJARAN MANDIRI DI MASA PANDEMI

Rihadina Rahma Putri, NIM.: 17106070036 (2021) UJI VALIDASI TATALAKSANA PERCOBAAN LAJU REAKSI KIMIA BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK PEMBELAJARAN MANDIRI DI MASA PANDEMI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UJI VALIDASI TATALAKSANA PERCOBAAN LAJU REAKSI KIMIA BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK PEMBELAJARAN MANDIRI DI MASA PANDEMI)
17106070036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UJI VALIDASI TATALAKSANA PERCOBAAN LAJU REAKSI KIMIA BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK PEMBELAJARAN MANDIRI DI MASA PANDEMI)
17106070036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran kimia secara mandiri di masa pandemi covid- 19 memerlukan inovasi untuk memastikan pembelajaran tetap berjalan sesuai kurikulum yang telah disusun oleh pemerintah. Materi laju reaksi kimia pada penentuan konstanta dan orde suatu reaksi ditentukan melalui suatu percobaan dengan memperhatikan aspek lingkungan. Maka untuk memenuhi hal tersebut, penelitian yang dilakukan bertujuan untuk melakukan pembuktian secara eksperimen konsep percobaan laju reaksi kimia dengan memanfaatkan rambut dan NaOCl, melakukan uji validasi tatalaksana percobaan laju reaksi kimia, melakukan analisis percobaan laju reaksi kimia untuk pembelajaran mandiri di masa pandemi, dan analisis kesesuaian percobaan laju reaksi kimia terhadap konsep pendidikan lingkungan hidup. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif dengan metode percobaan sederhana kelarutan rambut dalam NaOCl. Teknik analisis kualitatif menggunakan model analisis interaktif (reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Teknik analisis kuantitatif digunakan untuk penafsiran data menggunakan statistik deskriptif. Data disajikan dalam bentuk tabel dideskripsikan berdasarkan hasil perhitungan laju dan orde reaksi percobaan yang dikaitkan dengan pembelajaran mandiri, konsep pendidikan lingkungan hidup dan kurikulum 2013. Validitas tatalaksana percobaan diketahui berdasarkan konsep-konsep pembelajaran praktikum melalui analisis percobaan dengan keterbatasan alat dan sarana ditinjau dari kelayakan prosedur, hasil, dan keamanan. Hasil menunjukkan bahwa tatalaksana percobaan kelarutan rambut dalam NaOCl adalah valid ditinjau dari kelayakan prosedur, hasil, dan keamanan. Orde reaksi antara rambut dan NaOCl merupakan orde reaksi dalam bentuk pecahan. Percobaan sesuai dengan konsep pendidikan lingkungan hidup ditinjau dari pendidikan tentang, di, dan untuk lingkungan. Percobaan sesuai dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar pada pada kurikulum 2013 darurat (dalam kondisi khusus) untuk SMA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Laili Nailul Muna, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Validasi, Pembelajaran mandiri, Masa Pandemi, Percobaan Laju Reaksi Kimia, Lingkungan.
Subjects: Covid-19
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 25 Oct 2021 10:00
Last Modified: 25 Oct 2021 10:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45843

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum