PELAKSANAAN METODE SHOW&TELL MELALUI SISTEM BELAJAR E-LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK ANAK (STUDI TERHADAP SISTEM PEMBELAJARAN E-LEARNING DI TK CERIA TIMOHO YOGYAKARTA)

Ellen Tinoko Ranti, NIM.: 19204030036 (2021) PELAKSANAAN METODE SHOW&TELL MELALUI SISTEM BELAJAR E-LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK ANAK (STUDI TERHADAP SISTEM PEMBELAJARAN E-LEARNING DI TK CERIA TIMOHO YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN METODE SHOW&TELL MELALUI SISTEM BELAJAR E-LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK ANAK (STUDI TERHADAP SISTEM PEMBELAJARAN E-LEARNING DI TK CERIA TIMOHO YOGYAKARTA))
19204030036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN METODE SHOW&TELL MELALUI SISTEM BELAJAR E-LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK ANAK (STUDI TERHADAP SISTEM PEMBELAJARAN E-LEARNING DI TK CERIA TIMOHO YOGYAKARTA))
19204030036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Fase usia dini merupakan waktu yang tepat untuk mengenalkan serta mengembangkan berbagai kecerdasan yang akan menjadi bekal untuk anak di masa yang akan datang. Salah satu bekal yang sangat penting untuk dikembangkan pada anak usia dini adalah kecerdasan verbal linguistik. Kecerdasan verbal linguistik merupakan kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan menggunakan kosakata dan bahasa. Mengigat betapa pentingnya kecerdasan verbal linguistik dikembangkan sedini mungkin karena kunci seseorang untuk dapat berkomunikasi secara baik dengan orang lain adalah melalui berbicara. Penelitian kali ini akan menggunakan sebuah metode yang baru dan masih terdengar sangat asing, yaitu menggunakan metode Show and Tell. Metode show and tell merupakan sebuah metode yang sangat popular di gunakan di dunia Barat karena ke-praktisan dan ke-efisienan dalam penggunaannya. Pelaksanaan metode show and tell akan dilaksanakan melalui sistem belajar e-learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian dilakukan di TK Ceria Timoho Yogyakarta berlokasi di Jalan Polisi Istimewa, Timoho, Yogyakarta. Fokus penelitian ini untuk memperoleh gambaran di lapangan tentang bagaimana proses pelaksanaan dari metode show and tell dalam sistem belajar e-learning dan bagaimana dampak dari pelaksanaan metode show and tell terhadap kecerdasan verbal lingusitik anak maka penelitian ini menggunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dihimpun dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah principal, educator yellow and purple class, anak-anak yellow and purple class, serta beberapa orang tua. Hasil penelitian ini diuji keabsahan datanya dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini mengerucut pada dua kesimpulan, yaitu (1) Pelaksanaan metode show and tell pada sistem belajar e-learning di TK Ceria Timoho Yogyakarta dilaksanakan secara berurutan serta terencana dengan baik. Sebelum pembelajaran dimulai, semua alat, bahan serta seluruh keperluan yang akan digunakan dipersiapkan terlebih dahulu sesuai dengan SOP sekolah tersebut. (2) Dampak dari pelaksanaan metode show and tell melalui sistem belajar e-learning pada anak di TK Ceria Timoho Yogyakarta berdampak baik pada proses terbentuknya kecerdasan verbal linguistik anak. Hal ini dapat dilihat dari tercapainya empat buah indikator Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) verbal linguistik anak usia 4-5 Tahun yang mengacu pada Kurikulum 2013 yang digunakan di sekolah tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hj. Hibana, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode Show&Tell, Pembelajaran e-learning, Kecerdasan Verbal Linguistik
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 25 Oct 2021 10:43
Last Modified: 25 Oct 2021 10:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45849

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum