PELAKSANAAN ORGANIZING PADA ORGANISASI DAKWAH (STUDI PADA PIMPINAN DAERAH NASYIATUL AISYIYAH BANJARNEGARA PERIODE 2002-2005)

Ratna Khusnul Hatimah, NIP. 01240700 (2005) PELAKSANAAN ORGANIZING PADA ORGANISASI DAKWAH (STUDI PADA PIMPINAN DAERAH NASYIATUL AISYIYAH BANJARNEGARA PERIODE 2002-2005). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN ORGANIZING PADA ORGANISASI DAKWAH (STUDI PADA PIMPINAN DAERAH NASYIATUL AISYIYAH BANJARNEGARA PERIODE 2002-2005))
01240700_BAB I_BAB III_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (25MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN ORGANIZING PADA ORGANISASI DAKWAH (STUDI PADA PIMPINAN DAERAH NASYIATUL AISYIYAH BANJARNEGARA PERIODE 2002-2005))
01240700_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (31MB)

Abstract

1. Struktur Organisasi Aspek utama dari struktur organisasi, yaitu departementalisasi dan pembagian kerja, pada organisasi dakwah PDNA Banjamegara sudah dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya. Hal ini ditunjukkan dengan terbentuknya struktur organisasi yang mana juga merupakan organisasi formal sekaligus disertai dengan tugas dan tanggungjawabnya masing-masing. Adapun mekanismanya adalah sebagai berikut: a. Empat orang ketua yang mempunyai tugas sendiri-sendiri, terdiri atas seorang ketua umum, ketua I, ketua II, dan ketua III. Dimana pada PDNA Banjamegara hanya terdapat ketua umum, ketua I, dan ketua II. Adapun tugas ketua umum membawahi departemen kader dan departemen dakwah. Sedangkan ketua I membawahi departemen sosial ekonomi dan departemen seni budaya. Untuk ketua II membawahi departemen dokumentasi dan inforamasi. .2. Elemen Dasar organizing Elemen dasar yang harus selalu ada pada setiap organisasi pun sudah ada pada PDNA Banjarnegara. Adapun elemen-elemen tersebut adalah pekerjaan (work), orang (people), lingkungan tugas (teks environment), dan jaringan kerja (network) atau jaringan komunikasi. Pada PDNA Banjarnegara, pekarjaan dari masing-masing anggota sudah ditentukan berpanduan kepada keputusan PPNA. Untuk orang-orangnya, adalah mereka semua yang duduk dalam susunan kepengurusan. Untuk lingkungan tugas, bahwasannya setiap tugas dari masing-masing anggota tergantung kepada dimana dia berkedudukan. Sedangkan untuk jaringan kerjanya dilakukan secara vertikal juga horizontal. 3. Proses organizing Begitu pula dengan proses organizing, sudah terlaksana pada PDNA Banjamegara. Hal ini ditunjukkan dengan adanya tujuan organisasi, adanya penetapan kegiatan-kegiatan kemudian mengelompokkannya, penentuan tugas untuk masing-masing unit atau departemen serta sumber-sumber fisik yang diperlukannya, adanya penetapan otoritas pada tiap-tiap unit atau departemen sehingga dengan semua itu tetap terdapat koordinasi dalam setiap pelaksanan tugas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Early Maghfiroh Innayati S.Ag, M.Si
Uncontrolled Keywords: Organisasi Dakwah, Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah, Banjarnegara
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 25 Oct 2021 15:16
Last Modified: 25 Oct 2021 15:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45851

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum