PENYITAAN ASET NASABAH KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIAYAAN SYARIAH BMT CSI SYARIAH SEJAHTERA CIREBON PERSPEKTIF YURIDIS FILOSOFIS (FILSAFAT HUKUM ISLAM)

ELISA, S.H, NIM. 18203010066 (2020) PENYITAAN ASET NASABAH KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIAYAAN SYARIAH BMT CSI SYARIAH SEJAHTERA CIREBON PERSPEKTIF YURIDIS FILOSOFIS (FILSAFAT HUKUM ISLAM). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENYITAAN ASET NASABAH KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIAYAAN SYARIAH BMT CSI SYARIAH SEJAHTERA CIREBON PERSPEKTIF YURIDIS FILOSOFIS (FILSAFAT HUKUM ISLAM))
18203010066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENYITAAN ASET NASABAH KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIAYAAN SYARIAH BMT CSI SYARIAH SEJAHTERA CIREBON PERSPEKTIF YURIDIS FILOSOFIS (FILSAFAT HUKUM ISLAM))
18203010066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian mengenai penyitaan aset nasabah pada KSPPS BMT CSI Syariah Sejahtera atas produk mud{arabah berjangka dengan bagi hasil 5% setiap bulan nya dengan jangka waktu minimal 1 tahun atas dasar penghimpunan dana yang menyerupai produk perbankan berupa deposito sehingga dijatuhi Pasal 59 ayat (1) Undang-undang Nomor 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah. Kepercayaan nasabah akan kehadiran KSPPS BMT Cakrabuana Sukses Indonesia Syariah karena selama operasional tidak terindikasi merugikan nasabah, melainkan nasabah merasa terbantu peningkatan taraf ekonomi sehingga adanya penyitaan aset menimbulkan dampak buruk bagi nasabah yang menggantungkan hidup dari bagi hasil. Penelitian ini merupakan penelitian empiris (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang berasal dari data lapangan yang diperoleh langsung dari beberapa informan dana narasumber terkait dan data sekunder yang terdiri dari dua bahan hukum, yaitu hukum primer terkait regulasi dan bahan hukum sekunder dari beberapa literatur dan jurnal terkait. Instrumen pengumpulan data penulis menggunakan tiga instrumen, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Penyitaan aset nasabah KSPPS BMT CSI Syariah Sejahtera merupakan upaya penanggulangan resiko atas investasi ilegal. Hasil penelitian mengenai inti penyebab penyitaan aset bersumber adanya percampuran kepengurusan dan jenis usaha antara PT dan koperasi yang bersumber pada lemahnya pengawasan serta minimnya pengetahuan operasional koperasi sehingga menyebabkan kegiatan penghimpunan dana menyalahi peraturan tidak sesuai dengan rapat anggota. Penyitaan aset membawa dampak bagi nasabah atas kehilangan harta hifz al-Mal , dalam kajian maqasid asy-syari’ah penyitaan aset sebagai suatu kemaslahatan nasabah sebagai penanggulangan akan terjadinya money laundering. Sehingga penghimpunan dana pada KSPPS BMT CSI Syariah Sejahtera dengan bagi hasil menjadi perbuatan yang dilarang (al-Mutawasil ilaihi) “al-Mamnu’”. Perbuatan yang tadinya diperbolehkan menjadi dilarang ini sesuai dengan kaidah fiqhiyah yang dapat dijadikan dasar sadd az-Z|ari‘ah, درء المفاسد أولى من جلب المصالح dengan pengertian pelarangan atas penyitaan aset nasabah menjadi kemaslahatan bagi para nasabah

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: ELISA, S.H 18203010066
Uncontrolled Keywords: Penyitaan Aset Nasabah KSPPS BMT, Yuridis, Filosofis, Maqasid asy-Syari’ah, Sadd az-Zari'ah
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-2)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 25 Oct 2021 10:38
Last Modified: 25 Oct 2021 10:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45859

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum