AL TAULID FI AL LUGHAH AL ‘ARABIYAH: DIRASAH FI TAKWIN MUSTALAHAT AL-LUGHOH AL ‘ARABIYYAH AL JADIDAH FI LUGHAH TATBIQ IPHONE 6S IOS 13.1.1.

Taqiya Putri Salsabila, NIM.: 16110071 (2021) AL TAULID FI AL LUGHAH AL ‘ARABIYAH: DIRASAH FI TAKWIN MUSTALAHAT AL-LUGHOH AL ‘ARABIYYAH AL JADIDAH FI LUGHAH TATBIQ IPHONE 6S IOS 13.1.1. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL TAULID FI AL LUGHAH AL ‘ARABIYAH: DIRASAH FI TAKWIN MUSTALAHAT AL-LUGHOH AL ‘ARABIYYAH AL JADIDAH FI LUGHAH TATBIQ IPHONE 6S IOS 13.1.1.)
16110071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (AL TAULID FI AL LUGHAH AL ‘ARABIYAH: DIRASAH FI TAKWIN MUSTALAHAT AL-LUGHOH AL ‘ARABIYYAH AL JADIDAH FI LUGHAH TATBIQ IPHONE 6S IOS 13.1.1.)
16110071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tentang perkembangan bahasa dalam teknologi yang mana teknologi selalu berkembang dari zaman ke zaman. Bukan hanya teknologi saja yang berkembang melainkan bahasa juga berkembang mengikuti perkembangan teknologi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian yang berada dikawasan ilmu linguistik, yang mana bahasa yang berkembang tersebut disebut dengan neologisme. Neologisme ini ditemukan disalah satu teknologi yaitu pada bahasa operasional iphone 6s versi IOS 13.1.1. Penelitian dilakukan dengan cara mengumpulkan data-data neologisme yang ditemukan pada bahasa operasional tersebut yang ditinjau dari segi morfologis dan semantik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk neologisme dengan kaidah morfologis dan semantik pada bahasa operasional iphone 6s versi IOS 13.1.1 Jenis penelitian ini yaitu deskripstif kualitatif yang mana menganalisis dengan berdasarkan teori neologisme Ibrahim Murad dan Hilmi Khalil. Ibrahim Murad membagi neologisme dengan lima macam pembentukan dan 15 kaidah yaitu: (1). Neologi fonetis, yang mencangkup a). Penggantian fonem, b). Pertukaran posisi fonem, c). Kemiripan fonem, d). Kejelasan pengucapan, e). Sisipan. (2). Neologi morfologis yang terdiri dari, a). Derivasi, b). An-naht, c). Komposisi, d). Leksikal. (3). Neologi semantis yang terdiri dari, a). Metafora, b). Translasi. (4). Neologi spontanitas yang terdiri dari, a). Spontanitas hakiki, b). Spontanitas imitasi. (5). Neologi peminjaman yang terdiri dari, a). Ad-dakhil, b). Arabisasi dan neologisme menurut Hilmi Khalil yang terbentuk dari kaidah neologisme morfologis, neologisme semantik, dan neologisme peminjaman. Hasil penelitian neologisme ini ditemukan 138 istilah dan 3 macam neologisme yaitu kaidah morfologi, semantik, dan peminjaman. (1). Neologi morfologis: a). Derivasi (4 kata), b). Komposisi (3 istilah). (2). Neologi semantis: a). Metafora (0 istilah), b). Translasi (131 istilah), (3). Neologi peminjaman: a). Ad-dakhil (5 istilah), b). Arabisasi (1 istilah).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Musthafa, M.A
Uncontrolled Keywords: bahasa operasional; iphone; neologisme
Subjects: Bahasa Arab
Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 25 Oct 2021 10:55
Last Modified: 25 May 2022 11:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45863

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum