BIMBINGAN PRIBADI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK DISLEKSIA DI SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA YOGYAKARTA

Ika Sangidlatul Maghfiroh, NIM.: 17102020069 (2021) BIMBINGAN PRIBADI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK DISLEKSIA DI SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN PRIBADI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK DISLEKSIA DI SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA YOGYAKARTA)
17102020069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN PRIBADI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK DISLEKSIA DI SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA YOGYAKARTA)
17102020069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak yang kesulitan belajar khususnya dalam hal membaca dan menulis. Kesulitan membaca dialami oleh anak disleksia. Anak disleksia tidak bisa memperoleh informasi suatu pelajaran tanpa membaca. Aktivitas membaca merupakan hal yang sulit dilakukan dan menjadikan anak tertinggal dalam pelajaran. Anak disleksia selain kesulitan dalam membaca juga mengalami kesulitan dalam menulis. Dengan demikian peserta didik disleksia akan mengalami gangguan dalam mengikuti proses pembelajaran disekolah. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk bimbingan pribadi dalam meningkatkan kemampuan membaca anak disleksia di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun jenis penelitiannya yaitu penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan uji keabsahan menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga bentuk bimbingan pribadi dalam meningkatkan kemampuan membaca anak disleksia di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta yaitu informasi pribadi, pengajaran remidial individu serta penyuluhan individual dan penasihatan individual. Karena Penyuluhan dan Penasihatan dalam pelaksanaannya di lakukan secara bersamaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : A. Said Hasan Basri, S.Psi., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Pribadi, Kemampuan Membaca, Anak Disleksia.
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 25 Oct 2021 14:17
Last Modified: 25 Oct 2021 14:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45897

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum