STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN K. H AHMAD DAHLAN DAN PROF. DR. H. ABDUL MALIK KARIM AMRULLAH DALAM PENDIDIKAN AKHLAK

Riski Eka Purnairawan, NIM.: 17104010023 (2021) STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN K. H AHMAD DAHLAN DAN PROF. DR. H. ABDUL MALIK KARIM AMRULLAH DALAM PENDIDIKAN AKHLAK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN K. H AHMAD DAHLAN DAN PROF. DR. H. ABDUL MALIK KARIM AMRULLAH DALAM PENDIDIKAN AKHLAK)
17104010023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN K. H AHMAD DAHLAN DAN PROF. DR. H. ABDUL MALIK KARIM AMRULLAH DALAM PENDIDIKAN AKHLAK)
17104010023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah melemahnya nilai-nilai akhlak pada diri manusia yang disebabkan karena cepatnya perkembangan zaman dan arus globalisasi yang membawa pola hidup prakmatis dan materialis. Permasalah ini menjadi tantangan untuk pendidikan Islam, pendidikan Islam dituntut untuk mampu mengembalikan nilai-nilai akhlak yang berlandaskan kepada Al-Quran akhlak telah banyak disampaikan oleh para pemikir diantaranya adalah Ahmad Dahlan dan Hamka. Yang menjadi permasalah adalah bagaimana pemikiran Ahmad Dahlan dan Hamka tentang pendidikan akhlak, apa persamaan dan perbedaan pemikiran kedua tokoh tersebut, serta bagaimana implikasi dari pemikiran kedua tokoh tersebut dalam pendidikan akhlak saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengalisis secara kritis pemikiran dari kedua tokoh tersebut dan melihat implikasi dari pemikirannya dalam pendidikan akhlak saat ini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan /library research yaitu mengumpulkan bacaan atau karya tulis sebagai objek penelitian. Sifat penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan mengumpulkan dan memaparkan pemikiran Ahmad Dahlan dan Hamka tentang pendidikan akhlak. Dengan mengunkan metode dokumentasi untuk mengumpulkan yaitu mencari data yang mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan, buku, majalah, notulen, agenda dan lain sebagainya. Selain itu peneliti juga menggunakan metode triangulasi sumber dengan mengumpulkan berbagai teknik pengumpulan sumber dan data yang ada. Hasil penelitian ini adalah pemikiran Ahmad Dahlan tentang pendidikan akhlak sebagai upaya untuk mendorong terciptanya perubahan sosial ditengah-tengah masyarkat, melalui penguatan pendidikan moral, individual dan kemasyarakata. Sedangkan Hamka memandang pendidikan akhlak sebagai jalan untuk meningkatkan kualitas diri melalui keberanian untuk meninggalkan segalan perbuatan buruk dan keberanian untuk melakukan kebaikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Sarjono, M.Si
Uncontrolled Keywords: Komparasi, Pemikiran Ahmad Dahlan, Pemikiran Hamka, Pendidikan Akhlak
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Akhlak - Etika
Islam dan Pemikiran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 25 Oct 2021 15:35
Last Modified: 29 Oct 2021 09:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45909

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum