PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB BERBASIS CEFR TINGKAT A1 UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF DI MI DARUSSOLHIN YOGYAKARTA

Habibur Rohman, NIM: 18204021004 (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB BERBASIS CEFR TINGKAT A1 UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF DI MI DARUSSOLHIN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB BERBASIS CEFR TINGKAT A1 UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF DI MI DARUSSOLHIN YOGYAKARTA)
18204021004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB BERBASIS CEFR TINGKAT A1 UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF DI MI DARUSSOLHIN YOGYAKARTA)
18204021004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian Pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana membuat bahan ajar bahasa arab berbasis CEFR tingkat A1 untuk meningkatkan keterampilan bahasa arab dengan pendekatan komunikatif di MI Darussolihin dan untuk mengetahui bagaimana respon siswa terhadap bahan ajar ini. Penelitian ini menggunakan penelitian R & D model Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi masal. Produk bahan ajar ini divalidasi oleh dosen pembimbing, ahli bahan ajar, ahli CEFR, dan ahli materi serta direspon oleh 14 peserta didik MI Darussolihin Yogyakarta. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk melihat kualitas produk dan angker respon peserta didik untuk melihat tanggapan peserta didik terhadap produk. Hasil penelitian pengembangan bahan ajar bahasa arab berbasis CEFR tingkat A1 dengan pendekatan komunikatif. Berdasarkan data yang sudah dianalisi menurut para validator bahan ajar ini memiliki kualitas baik dengan persentase keidealan 74,47%. Adapun respon siswa terhadap bahan ajar ini memiliki kualitas baik dengan persentase keidealan 89,4%. Dari hasil penilaian tersebut, maka bahan ajar ini layak dan dapat dijadikan buku ajar bahasa arab.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan, Bahar Ajar Bahasa Arab Berbasis CEFR, Pendekakatan Komunikatif
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 25 Oct 2021 17:01
Last Modified: 25 Oct 2021 17:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45914

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum