IMPLEMENTASI SENI TARI KREASI DALAM PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI

Nurul Maziyatul Hasanah, NIM: 18204030022 (2020) IMPLEMENTASI SENI TARI KREASI DALAM PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI SENI TARI KREASI DALAM PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI)
18204030022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI SENI TARI KREASI DALAM PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI)
18204030022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adanya kegiatan dilakukan dalam bentuk pendidikan nonformal. Salah satu kegiatan dilaksanakan adalah seni tari kreasi untuk mengembangkan sosial emosional anak. Jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian meliputi kepala desa, pengelola Perpustakaan desa, pelatih tari dan anak-anak usia 4-6 tahun. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif dengan model interaktif yang terdiri dari empat proses yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: Pertama, implementasi seni tari kreasi dalam pengembangan sosial emosional anak usia dini di Perpusdes Melati Indah Balai Desa Wedelan Jepara dilihat dari 3 hal: Perencanaan meliputi: Persiapan materi, metode serta media yang digunakan dalam kegiatan. Pelaksanaan meliputi: Anak merasa nyaman, senang dan semangat dalam menjalani kegiatan dengan berbagai macam metode keteladanan, bercerita, bercakap-cakap, dan demonstrasi. Evaluasi meliputi: Hasil yang dilaksanakan secara sistematis sehingga anak mampu berkembang sangat baik. Kedua, implikasi dari kegiatan seni tari kreasi dapat diketahui bahwa anak mampu meningkatkan kepercayaan diri, menumbuhkan sifat pemberani, menumbuhkan rasa mandiri, menjadikan anak yang lebih kreatif dan mampu mengendalikan emosi. Ketiga, faktor pendukung dan penghambat dipengaruhi oleh fasilitas dan sumber belajar yang mendukung, sehingga pelaksanaan kegiatan seni tari kreasi berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Erni Munastiwi, M.M.
Uncontrolled Keywords: Seni Tari Kreasi, Pengembangan Sosial Emosional, Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 26 Oct 2021 04:39
Last Modified: 26 Oct 2021 04:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45917

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum