IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PADA PENGELOLAAN ZAKAT DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KABUPATEN SLEMAN

Rokhiman, NIM.: 16240052 (2021) IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PADA PENGELOLAAN ZAKAT DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KABUPATEN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PADA PENGELOLAAN ZAKAT DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KABUPATEN SLEMAN)
16240052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PADA PENGELOLAAN ZAKAT DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KABUPATEN SLEMAN)
16240052BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Zakat merupakan suatu ibadah wajib yang telah diyakini oleh umat Islam untuk ditunaikan guna membersihkan harta dan diri mereka. Untuk itu dibentuklah sebuah lembaga yang bergerak di bidang pengelolaan zakat yang dinamakan dengan BAZNAS. BAZNAS didukung dengan adanya aplikasi pengelolaan zakat yang dikembangkan oleh BAZNAS Pusat dalam upaya optimalisasi pengelolaan zakat. Dengan adanya Sistem Informasi Manajemen Badan Amil Zakat Nasional (SIMBA), BAZNAS Kabupaten Sleman akan lebih efektif dan efisien dalam pengelolaan zakatnya sehingga terciptalah transparansi laporan yang akan menumbuhkan rasa kepercayaan muzaki untuk menyalurkan zakatnya di BAZNAS Kabupaten Sleman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Implementasi Sistem Informasi Manajemen pada Pengelolaan Zakat di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan bersifat deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Selanjutnya dilakukan penyajian data yang sebelumnya telah dilakukan analisa data dan melakukan pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa BAZNAS Kabupaten Sleman telah menerapkan sistem informasi manajemen dalam melakukan pengelolaan zakat. Penerapan Sistem Informasi Manajemen Badan Amil Zakat Nasional (SIMBA) sudah berjalan dengan baik, karena telah didukung dengan adanya sarana dan prasarana yang memadai dan juga didukung oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni. Dengan adanya SIMBA, BAZNAS Kabupaten Sleman lebih mudah dalam melakukan pengelolaan zakat, mulai dari penghimpunan, pendistribusian hingga pada tahap pelaporan, khususnya dalam hal pelaporan data muzaki, mustahik, dan administrasi. Dengan menggunakan SIMBA para muzaki akan mendapatkan NPWZ dan bukti setor zakat yang bisa dijadikan sebagai pengurang pajak bagi ASN, serta muzaki dapat meminta bukti laporan zakat yang pernah disetorkan ke BAZNAS Kabupaten Sleman. Akan tetapi SIMBA hanya dapat diakses oleh amil BAZNAS, dan tidak dapat diakses oleh muzaki ataupun mustahik. Meskipun demikian amil BAZNAS Kabupaten Sleman mengupayakan untuk terus melakukan sosialisasi dan edukasi supaya para muzaki dan mustahik tetap bisa mengakses SIMBA melalui muzaki corner agar bisa melihat pelaporan setiap bulannya secara detail dan rinci.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Siti Fatimah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: SIMBA, Pengelolaan Zakat, BAZNAS Kabupaten Sleman
Subjects: Manajemen Dakwah
Hukum Islam > Zakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 27 Oct 2021 08:58
Last Modified: 06 Jun 2023 10:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45920

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum