OPTIMALISASI PELAYANAN PRIMA PADA AKTIVITAS BIMBINGAN MANASIK HAJI DI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Muhammad Fariz Hanafi, NIM.: 16240081 (2020) OPTIMALISASI PELAYANAN PRIMA PADA AKTIVITAS BIMBINGAN MANASIK HAJI DI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (OPTIMALISASI PELAYANAN PRIMA PADA AKTIVITAS BIMBINGAN MANASIK HAJI DI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN GUNUNGKIDUL)
16240081_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (OPTIMALISASI PELAYANAN PRIMA PADA AKTIVITAS BIMBINGAN MANASIK HAJI DI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN GUNUNGKIDUL)
16240081_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Fenomena meningkatnya calon jama’ah haji Indonesia dari tahun ke tahun terus meningkat, akan tetapi masih terdapat calon jama’ah haji kurang menguasai masalah perhajian hal ini dikarenakan kurangnya kualitas bimbingan haji. Untuk itu pelayanan bimbingan ibadah haji di Kemenag Gunungkidul perlu dilakukan secara terus-menerus dan terkoordinasi, dengan cara mengikuti peraturan dan kebijakan tentang pelayanan haji yang terentran pada seksi penyelenggara haji kantor kementerian agama Gunungkidul, dan berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk calon jama’ah haji. Dalam berbagai pelayanan Seksi Penyelenggara Haji Kantor Kementerian Agama Gunungkidul.Adapun permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan dan faktor pendukung serta penghambat optimalisasi pelayanan prima pada aktivitas bimbingan manasik haji di Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul?. Bentuk penelitian kualitatif deskriptif, dengan pengamatan langsung yang bersifat interaktif dan memaparkannya sesuai data yang didapat. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan optimalisasi pelayanan prima pada aktivitas bimbingan manasik haji dengan cara memberikan bukti nyata, serta jaminan pelayanan bagus bagi calon haji. Faktor pendukung meliputi: memiliki izin operasional, profesional, fasilitas memadai, melayani secara cepat dan tepat, kualitas pegawai tinggi, tidak pernah membedakan jamaahnya. Faktor penghambatnya meliputi: latar belakang jamaah berbeda, minimnya kesadaran jamaah dalam pendalaman materi, tingkat pengetahuan pendaftar bermacammacam, kurang sabar, tingkat pendidikan jamaah haji rendah dan kebanyakan calon jamaah haji yang lanjut usia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Siti Fatimah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pelayanan prima, bimbingan manasik haji.
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 27 Oct 2021 09:03
Last Modified: 27 Oct 2021 09:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45921

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum