PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN KAWASAN WISATA BENDHUNG LEPEN KALI GAJAH WONG MRICAN GIWANGAN YOGYAKARTA

Zulma Syawalni Febriyanti, NIM.: 16250051 (2021) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN KAWASAN WISATA BENDHUNG LEPEN KALI GAJAH WONG MRICAN GIWANGAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN KAWASAN WISATA BENDHUNG LEPEN KALI GAJAH WONG MRICAN GIWANGAN YOGYAKARTA)
16250051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN KAWASAN WISATA BENDHUNG LEPEN KALI GAJAH WONG MRICAN GIWANGAN YOGYAKARTA)
16250051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pada dasarnya masyarakat berhak ikut serta dalam pengelolaan pariwisata. Seperti yang tertuang dalam pasal 19 Ayat 2 Undang-Undang Nomor 10 tahun 2009 tentang Kepariwisataan. Yang juga di ddalam Ilmu Kesejahteraan Sosial, partisipasi masyarakat masuk ke dalam Intervensi Komunitas. Karena partisipasi masyarakat merupakan bagian dari sebuah proses pemberdayan masyarakat. Peneliti menggunakan teori dari Abu Huraerah tentang bentuk partisipasi masyarakat, dan teori dari I Ketut Suarthadana tentang dampak partisipasi masyarakat, serta untuk mendukung hal tersebut peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menentukan informan, peneliti menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan sebagai pertimbangan tertentu dengan cara peneliti memilih lima orang sebagai subjek yang dipertimbangkan akan memberikan data yang diperlukan. Dalam penelitian ini dirumuskan dua pertanyaan penelitian yakni, Pertama bagaimana bentuk-bentuk partisipasi masyarakat dalam pengembangan Kawasan Wisata Bendhung Lepen Kali Gajah Wong Mrican Giwangan Yogyakarta; Kedua, bagaimana dampak partisipasi masyarakat dalam pengembangan Kawasan Wisata Bendhung Lepen Kali Gajah Wong Mrican Giwangan Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat berbagai bentuk partisipasi masyarakat dalam pengembangan Kawasan Wisata Bendhung Lepen Kali Gajah Wong Mrican Giwangan Yogyakarta antara lain partisipasi buah pikiran atau ide gagasan dan masukan ketika pertemuan rapat rutin setiap sebulan sekali, partisipasi tenaga berupa kerja bakti masyarakat secara sukarela, partisipasi harta benda berupa barang yang diberikan masyarakat ketika ada kegiatan, partisipasi ketrampilan atau kemahiran berupa usaha menjual makanan atau minuman di kawasan wisata Bendhung Lepen, dan yang terakhir partisipasi sosial berupa kegiatan masyarakat yang memiliki rasa peduli seperti menjenguk orang yang sakit. Untuk dampak partisipasi masyarakat yaitu dipandang sisi positif dan negatif dari segi sosial budaya sisi positif kawasan wisata ini dapat dikenal banyak masyarakat khususnya Daerah Istimewa Yogyakarta dan dari segi ekonomi sisi positif yaitu masyarakat memiliki pemasukan tambahan serta menjadikan lahan pekerjaan bagi masyarakat. Dan hasil dari penelitian ini merupakan pembenaran teori yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Asep Jahidin, S.Ag. M.Si
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Masyarakat, Pengembangan Kawasan Wisata
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 27 Oct 2021 08:59
Last Modified: 05 Apr 2022 13:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45932

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum