PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MI YAPPI NGRANCANG KECAMATAN PLAYEN GUNUNGKIDUL

Rikha Ikhwani Fauziyah, NIM.: 13480122. (2020) PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MI YAPPI NGRANCANG KECAMATAN PLAYEN GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MI YAPPI NGRANCANG KECAMATAN PLAYEN GUNUNGKIDUL)
13480122_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MI YAPPI NGRANCANG KECAMATAN PLAYEN GUNUNGKIDUL)
13480122_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penerapan metode pembelajaran Scramble bertujuan untuk meningkatakan kemampuan membaca peserta didik supaya hasil belajar pembelajaran lainnya juga meningkat. Dalam penelitian kali ini metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini merupakan salah satu bentuk penelitian yang longgar karena tujuan utamanya bukan menemukan suatu atau menggeneralisasikan akan tetapi untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Kemampuan membaca peserta didik kelas IV MI YAPPI Ngrancang sebelum menggunakan metode pembelajaran scramble masuk dalam kategori kurang. Hal ini ditunjukkan dengan hasil postest yang diperoleh peserta didik yaitu persentase ketuntasan hanya mencapai 28% saja yaitu sebanyak 2 peserta didik dinyatakan tuntas dan 5 dinyatakan tidak tuntas. Nilai tertinggi yang dicapai peserta didik 78, nilai terendah 55, dan nilai rata-rata kelas adalah 65 dengan batas ketuntasan minimal 75. Mulai adanya peningkatan terjadi pada penelitian siklus II yang mencapai persentase hingga 85%, sementara pada penelitian siklus I belum mencapai ketuntasan karena hanya mencapai 57%. Nilai rata-rata yang diperoleh sebelum menerapkan metode Scramble adalah 67 sedangkan nilai rata-rata setelahnya naik hingga 79. Dari hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran model Scramble sangat membatu dalam meningkatkan kemampuan membaca dan pemahaman peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Fitri Yuliawati, S.Pd.Si, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Membaca dalam hati; self concept stage; scramble
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 26 Oct 2021 10:55
Last Modified: 26 Oct 2021 10:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45934

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum