PERANAN SISTEM KEKERABATAN (KINSHIP) TERHADAP RESOLUSI KONFLIK DALAM KASUS KONFLIK JAMAAH TABLIGH DI KOTA PADANG

Muhammad Aqil, NIM: 18205010008 (2020) PERANAN SISTEM KEKERABATAN (KINSHIP) TERHADAP RESOLUSI KONFLIK DALAM KASUS KONFLIK JAMAAH TABLIGH DI KOTA PADANG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERANAN SISTEM KEKERABATAN (KINSHIP) TERHADAP RESOLUSI KONFLIK DALAM KASUS KONFLIK JAMAAH TABLIGH DI KOTA PADANG)
18205010008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERANAN SISTEM KEKERABATAN (KINSHIP) TERHADAP RESOLUSI KONFLIK DALAM KASUS KONFLIK JAMAAH TABLIGH DI KOTA PADANG)
18205010008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Konflik internal Jamaah Tabligh yang berawal dari markas pusat di India sampai saat ini dampaknya memunculkan dualisme kepemimpinan secara internasional dalam organisasi Jamaah Tabligh yakni Syuro Alami dengan Nizamuddin. Tidak jarang tindakan persekusi dan saling menghujat masih sering terjadi antar sesama mereka. Akan tetapi kondisi Jamaah Tabligh di kota Padang saat ini justru memperlihatkan hal sebaliknya. Dengan masih adanya ikatan kekerabatan yang kuat dalam adat Minang menjadikan rasa persaudaraan dan solidaritas masih terjalin antar kedua kelompok walaupun telah ada perbedaan mendasar di antara keduanya. Ikatan kekerabatan ini juga menjadi alternatif pilihan untuk meredakan dan merekonsiliasi konflik Jamaah Tabligh di Kota Padang. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana ikatan kekerabatan Minang ini dapat menjadi solusi dalam mengatasi konflik Jamaah Tabligh di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan teori batasan kekerabatan Morgan yang membagi tiga jenis batas-batas kekerabatan. Menurutnya batas-batas ini berbeda antara satu masyarakat dengan masyarakat yang lain, yang terdiri dari batas kesadaran kekerabatan (kinship awareness), batas pergaulan kekerabatan (kinship affiliations) dan batas hubungan kekerabatan (kinship relations). Dari Penelitian ini dapat disimpulkan setelah ditelusuri silsilah kekerabatan sebagian pelaku konflik, ternyata memiliki hubungan intern suku seperti suku Tanjung dengan Tanjung. Maupun alliance kinship atau hubungan bako seperti suku Tanjung dengan Panyalai yang tercipta karena ikatan perkawinan. Melalui kinship relations dan alliance kinship ikatan kekerabatan antar jamaah telah menjadi ikatan simbolik antar marga. Adanya ikatan simbolik ini ketegangan-ketegangan antar jamaah Syuro Alami dengan Nizamuddin dapat diredam, karena jika alliance kinship ini telah terjalin maka masing-masing pihak satu sama lain harus menjaga keseimbangan dalam berbagai hal. Dengan begitu. Kinship relations dan alliance kinship menjadi garda adat Minang dalam resolusi konflik Jamaah Tabligh di Padang, sehingga potensi konflik yang akan menimbulkan disharmoni antar kedua kelompok bisa diredam menjadi sesuatu yang sifatnya harmoni.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Munawar Ahmad, M.Si
Uncontrolled Keywords: kekerabatan, resolusi konflik, suku.
Subjects: Studi Agama Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Agama dan Filsafat (S2) > Studi Agama dan Resolusi Konflik
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 26 Oct 2021 19:15
Last Modified: 26 Oct 2021 19:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45965

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum