PERLINDUNGAN ANAK MENURUT PERDA NO. 18 TAHUN 2013 DI PANTI ASUHAN AL-HIKMAH WUKIRSARI CANGKRINGAN SLEMAN PRESPEKTIF MASLAHAH

Listiyani Diyah Safitri, NIM.: 17103070071 (2021) PERLINDUNGAN ANAK MENURUT PERDA NO. 18 TAHUN 2013 DI PANTI ASUHAN AL-HIKMAH WUKIRSARI CANGKRINGAN SLEMAN PRESPEKTIF MASLAHAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERLINDUNGAN ANAK MENURUT PERDA NO. 18 TAHUN 2013 DI PANTI ASUHAN AL-HIKMAH WUKIRSARI CANGKRINGAN SLEMAN PRESPEKTIF MASLAHAH)
17103070071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERLINDUNGAN ANAK MENURUT PERDA NO. 18 TAHUN 2013 DI PANTI ASUHAN AL-HIKMAH WUKIRSARI CANGKRINGAN SLEMAN PRESPEKTIF MASLAHAH)
17103070071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perlindungan anak bertujuan untuk menjamin terpenuhinya hak-hak anak agar dapat hidup tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi, demi terwujudnya anak Indonesia yang berkualitas, berakhlak mulia, dan sejahtera. Menurut Perda Sleman No. 18 Tahun 2013 Tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak, anak yang dimaksud adalah seorang yang belum berusia 18 tahun, termasuk anak yang masih dalam kandungan. Dalam penelitian ini penulis mengkaji bagaimana perlindungan anak menurut Perda No.18 Tahun 2013 di panti asuhan Al-Hikmah Wukirsari Cangkringan yang ditinjau dari prespktif Maslahah. Hal ini dikarenakan perlindungan anak yang ada di Indonesia salah satunya lembaga panti asuhan sudahkan menyelenggarakan perlindungan anak sesuai dengan peraturan yang ada. Jenis penelitian ini adalah lapangan (field research). Dengan pendekatan normatif yuridis yaitu menggunakan teori Implementasi Hukum dan Maslahah. Data akan dianalisa dengan metode deskriptif – kualitatif. Menggunakan sumber data primer yaitu dengan melihat Perda Sleman No.18 Tahun 2013 Tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak. Dan wawancara dengan pihak terkait di panti asuhan Al-Hikmah. Dan sumber data sekunder yaitu buku, jurnal, skripsi, penelitian terdahulu, dan dokumen- dokumen yang berkaitan. Hasil penelitian yang dilakukan bahwa pelaksanaan Perda No.18 Tahun 2013 tentang Perlindungan Anak di panti asuhan Al-Hikmah menurut Lawrence M. Friedman belum berjalan dengan optimal. Dikarenakan keterbatasan SDM dan biaya finansial dipanti asuhan. Sehingga tidak mampu menerima anak yang masih bayi atau balita. Dan hanya mampu menerima anak dari usia 7 tahun sampai jenjang kuliah. Namun dalam pelayanan hak dan perlindungan anak yang ada di panti asuhan sudah sesuai dengan Perda Sleman No.18 tahun 2013. Dan sudah masuk dalam konsep Maslahah yang bersifat Maslahah Dlaruriyyah/ Kepentingan Primer (pokok) dan selaras dengan maqasid asy-syariah yaitu untuk memelihara 5 rukun kehidupan manusia yakni agama, jiwa, akal, keturunan, dan harta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Siti Jahroh, S.H.I., M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Anak, Panti Asuhan, dan Maslahah.
Subjects: Hukum Tata Negara
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (S-1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Oct 2021 15:02
Last Modified: 27 Oct 2021 15:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46007

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum