PERAN PEREMPUAN HARE KRISHNA DALAM PEMBINAAN MENTAL AGAMA (Studi terhadap Narayana Smrti Ashram, D.I. Yogyakarta)

Diki Ahmad, S.Ag., NIM: 18205010080 (2020) PERAN PEREMPUAN HARE KRISHNA DALAM PEMBINAAN MENTAL AGAMA (Studi terhadap Narayana Smrti Ashram, D.I. Yogyakarta). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PEREMPUAN HARE KRISHNA DALAM PEMBINAAN MENTAL AGAMA (Studi terhadap Narayana Smrti Ashram, D.I. Yogyakarta))
18205010080_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN PEREMPUAN HARE KRISHNA DALAM PEMBINAAN MENTAL AGAMA (Studi terhadap Narayana Smrti Ashram, D.I. Yogyakarta))
18205010080_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Hare Krishna atau International Society for Krishna Conciousness (ISKCON) merupakan merupakan salah satu aliran dalam agama Hindu yang didirikan oleh AC Bhaktivendanta Swami Prabhupada di Kota New York pada tahun 1965 sebagai suksesi guru-guru suci dalam garis perguruan rohani yang disebut parampara. Hare Krishna juga dikenal sebagai sekte bhakti dalam agama Hindu yang menekankan pada ajaran amal perbuatan dan berakhir pada bakti kepada Tuhan (Krishna). Sumber inti ajarannya mengacu pada kitab suci Bhagawad Gita dan Bhagawata Purana, walaupun dalam beberapa hal juga mengacu pada kitab suci Weda lainnya dalam konteks yang terbatas, termasuk di antaranya penjelasan-penjelasan mengenai peran dan status perempuan. Berangkat dari Narayana Smrti Ashram Yogyakarta, penelitian ini mengangkat tema peran perempuan Hare Krishna dalam pembinaan mental agama tentang bagaimana peran perempuan, kedudukan perempuan dalam kitab suci, proses pelaksanaan peran perempuan dalam pembinaan mental agama, dan mengapa iman perempuan Hare Krishna tetap teguh di tengah-tengah perannya yang tersubordinasi oleh laki-laki. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran perempuan Hare Krishna dalam pembinaan mental agama sebagai implementasi dari ajaran kitab suci. Ada pun penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan sosiologi agama dan feminisme sehingga bersifat kualitatif. Dalam penelitian ini, data yang diperlukan adalah data primer dan data sekunder yang didapatkan dari informasi lapangan melalui proses observasi, wawancara secara mendalam, dan dokumentasi. Metode penelitian ini bersifat deskriptif analisis, yaitu hasil temuan penulis di lapangan dipaparkan dan dianalisis dengan teori Mansour Fakih tentang analisis gender dan teori Talcott Parsons tentang perubahan tipe tindakan individu dalam sistem sosial. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) kedudukan perempuan dalam kitab suci digambarkan sebagai sosok yang rendah dan lemah sehingga harus dilindungi, dikontrol, dan sebaiknya tidak diberikan kebebasan; (2) peran perempuan Hare Krishna, berangkat dari budaya, norma-norma, nilai-nilai, dan keyakinannya, perempuan berperan sebagai aktor yang bertindak dalam segala sesuatunya dengan tujuan yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi; (3) dalam proses pelaksanaan pembinaan mental agama, sebagai akibat dari perubahan sosial (social transformation), perempuan turut diberdayakan dan mempunyai peran penting di dalam rumah tangga, masyarakat, dan lingkungan yang berkaitan dengan ruang lingkup keagamaan seperti ashram. Namun perempuan tetap dibatasi dalam ranah domestik dan varnaashramadharma, dan; (4) meskipun perempuan Hare Krsihna mempunyai banyak keterbatasan, dan perannya tersubordinasi, mereka tetap kokoh dalam mempertahankan keyakinannya, karena bagi mereka hal itu adalah adil dan merupakan jalan mereka menuju Krishna.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sekar Ayu Aryani, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Hare Krishna, Peran Perempuan, Pembinaan Mental Agama.
Subjects: Agama Dan Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S2)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 29 Oct 2021 09:16
Last Modified: 29 Oct 2021 09:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46061

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum