MANAJEMEN EKSTRAKULIKULER PRAMUKA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI SISWA DI SD N II DONOTIRTO

Febri Sudiyanta, NIM.: 13490041 (2020) MANAJEMEN EKSTRAKULIKULER PRAMUKA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI SISWA DI SD N II DONOTIRTO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN EKSTRAKULIKULER PRAMUKA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI SISWA DI SD N II DONOTIRTO)
13490041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN EKSTRAKULIKULER PRAMUKA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI SISWA DI SD N II DONOTIRTO)
13490041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu upaya untuk menanamkan nilai karakter mandiri selain mengintegrasikan melalui kegiatan belajar mengajar adalah melalui kegiatan ekstrakurikuler. Salah satu ekstrakurikuler tersebut adalah pramuka yang digalakkan di berbagai jenjang sekolah sebab tujuan kegiatan kepramukaan sejalan dengan tujuan pendidikan karakter. Nilai-nilai mandiri pada kegiatan latihan rutin Pramuka tersebut diantaranya adalah memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan tanpa campur tangan orang lain (changes in decision making abilities) dan memiliki rasa percaya diri dalam mengambil keputusan (self reliance in decision making). SD N II Donotirto sebagai salah satu sekolah dasar di wilayah Kabupaten Bantul juga telah berupaya melaksanakan manajemen ekstrakulikuler Pramuka dalam pembentukan karakter mandiri siswa. Akan tetapi, hal ini memang tidak mudah meningat kesibukan guru dalam melaksanakan tugas pokok lainnya. Akibatnya program Pramuka cenderung sama dari tahun ke tahun. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui manajemen ekstrakulikuler pramuka dalam pembentukan karakter mandiri siswa di SD N II Donotirto serta faktor yang mendukung dan menghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Alat pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang meliputi tahapan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Adapun hasil penelitian ini adalah bahwa manajemen ekstrakulikuler pramuka dalam pembentukan karakter mandiri siswa di SD N II Donotirto yang mencakup perencanaan, penggerakan dan pengawasan sudah cukup optimal. Perencanaan ekstrakulikuler pramuka dalam pembentukan karakter mandiri siswa di SD N II Donotirto dilakukan dengan melakukan pembagian kerja secara rinci, yakni menugaskan pembina Pramuka dalam penyampaian materi dan menugaskan guru untuk mengawasi kegiatan Pramuka. Penggerakan para personel dalam kegiatan ekstrakulikuler pramuka dalam pembentukan karakter mandiri siswa di SD N II Donotirto dilakukan dengan pemantauan, pengawasan, koordinasi, supervisi, evaluasi, dan tindak lanjut. Pengawasan kegiatan pramuka dilakukan dengan menetapkan standar kualitas, yakni siswa mandiri dalam segala hal, siswa dapat berprestasi secara akademik maupun non akademik, siswa dapat menyelesaikan tugas tugasnya secara mandiri, dan siswa peduli lingkungan. Faktor yang mendukung dalam manajemen ekstrakulikuler pramuka tersebut meliputi: dukungan kepala sekolah dan guru, dan jadwal kegiatan yang terstruktur, dan adanya Gudep Pramuka. Faktor yang menghambat meliputi: sulitnya berkomunikasi secara langsung dengan pembina Pramuka dan dana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Imam Machali, S.Pd.I, M.Pd
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter; character building; gerakan pramuka
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 29 Oct 2021 10:36
Last Modified: 29 Oct 2021 10:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46073

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum