PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MEMFASILITASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

Heri Susanto, NIM.: 13600031 (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MEMFASILITASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MEMFASILITASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL)
13600031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MEMFASILITASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL)
13600031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk memfasilitasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel yang valid berdasarkan penilaian darivalidator ahli. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research dan Development) yang menggunakan model prosedural. Prosedur pengembangan yang digunakan adalah prosedur pengembangan PPE (Planning, Production and Evaluation). Langkah-langkah pengembangan yang dilakukan yaitu: (1) Plannning (perencanaan) yang terdiri dari analisis kurikulum, analisis karakteristik siswa, dan analisis materi, (2) Production (produksi) merupakan tahap penyusunan LKS dan (3) Evaluation (evaluasi) berisi proses penilaian produk atau validasi oleh para validator ahli. Validator ahli terdiri dari 2 validator ahli materi dan 2 validator ahli media Hasil dari penelitian ini yaitu berupa LKS berbasis PBL untuk memfasilitasi HOTS siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Berdasarkan hasil penilaian validator ahli materi, LKS yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase keidealan 92,67%. Berdasarkan hasil penilaian validator ahli media, LKS ini juga mendapat kategori sangat baik dengan persentase keidealan sebesar 89,37%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKS matematika berbasis PBL untuk memfasilitasi HOTS siswa telah valid dan dikategorikan sangat Baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurul Arfinanti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: self directed learning; model pembelajaran; bahan ajar; LKS
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 29 Oct 2021 12:35
Last Modified: 29 Oct 2021 12:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46075

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum