TINJAUAN YURIDIS NORMATIF PERLINDUNGAN HUKUM DATA PRIBADI NASABAH BANK (PT. BANK BRI UNIT CIPARI KANTOR CABANG MAJENANG KABUPATEN CILACAP)

FATIMAH FITRIANINGSIH, NIM. 17103080062 (2021) TINJAUAN YURIDIS NORMATIF PERLINDUNGAN HUKUM DATA PRIBADI NASABAH BANK (PT. BANK BRI UNIT CIPARI KANTOR CABANG MAJENANG KABUPATEN CILACAP). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN YURIDIS NORMATIF PERLINDUNGAN HUKUM DATA PRIBADI NASABAH BANK (PT. BANK BRI UNIT CIPARI KANTOR CABANG MAJENANG KABUPATEN CILACAP))
17103080062_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN YURIDIS NORMATIF PERLINDUNGAN HUKUM DATA PRIBADI NASABAH BANK (PT. BANK BRI UNIT CIPARI KANTOR CABANG MAJENANG KABUPATEN CILACAP))
17103080062_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

PT. Bank BRI Unit Cipari Kantor Cabang Majenang terletak di Jl. Raya Cipari, Cilacap, Jawa Tengah. Penelitian ini dilakukan karena masih banyaknya permasalahan terkait praktik perlindungan dan kerahasiaan terhadap data pribadi nasabah bank. Perlindungan hukum terhadap nasabah menjadi sangat penting mengingat banyaknya kasus kebocoran data pribadi nasabah kepada pihak lain yang diluar kehendak ataupun persetujuan nasabah. Data prbadi nasabah merupakan aset pribadi yang juga merupakan bagian dari rahasia bank, sebagaimana telah tercantum dalam Undang-Undang terkait masalah perbankan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian praktik perlindungan data pribadi nasabah bank terhadap sistem operasional dan regulasi yang terkait. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif analisis yang mana penelti terlebih dahulu menjelaskan terkait perlindungan hukum terhadap data pribadi nasabah bank. Setelah itu penulis melakukan analisis terhadap data yang diperoleh dari lapangan yaitu terkait perlindungan hukum terhadap data pribadi asabah bank PT. Bank BRI Unit Cipari Kantor Cabang Majenang Kabupaten Cilacap. Simpulan berdasarkan hasil penelitian ini bahwa aturan internal serta praktik PT. Bank BRI Unit Cipari Kantor Cabang Majenang dalam perlindungan data pribadi nasabah telah sesuai dengan regulasi yang berlaku. Pihak bank menjelaskan terkait data pribadi nasabah yang digunakan untuk pembukaan buku rekening calon nasabah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: RATNASARI FAJARIYA ABIDIN, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Data Pribadi, Nasabah
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 29 Oct 2021 15:46
Last Modified: 29 Oct 2021 15:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46099

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum