PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI DALAM MATA PELAJARAN PKN TERHADAP PENINGKATAN KARAKTER MULTIKULTURAL PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA

Badri, NIM. 14490095 (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI DALAM MATA PELAJARAN PKN TERHADAP PENINGKATAN KARAKTER MULTIKULTURAL PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI DALAM MATA PELAJARAN PKN TERHADAP PENINGKATAN KARAKTER MULTIKULTURAL PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA)
14490095_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI DALAM MATA PELAJARAN PKN TERHADAP PENINGKATAN KARAKTER MULTIKULTURAL PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA)
14490095_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan multikultural merupakan proses pengembangan potensi sumber daya manusia yang menekankan sebuah filosofi pluralisme budaya yang dimasukkan dalam pendidikan dan didasarkan pada prinsip-prinsip persamaan, serta memahami komitmen moral untuk keadilan sosial. Pendidikan multikultural mampu memberikan pelajaran yang dapat menciptakan budaya dan sikap toleransi. Model pembelajaran menjadi hal yang diperlukan dalam mendukung tercapainya tujuan pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran diskusi menjadi pilihan karena mampu mengetahui bagaimana sikap siswa saat menyampaikan argumen, kerjasama, dan sikap tenggang rasa ketika argumen yang disampaikan tidak disetujuai oleh teman diskusi. Kemudian peneliti mefokuskan penelitian pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). karena PKn merupakan mata pelajaran yang didalamnya terkandung banyak nilai-nilai multikultural. SMA Negeri 3 Yogyakarta menjadi lokasi penelitian karena sekolah ini merupakan sekolah lama yang didirikan pada tahun 1918. selain itu, SMA Negeri 3 Yogyakarta juga menjadi sekolah yang menerima banyak peserta didik dari berbagai suku dan ras. Desain penelitian ini menggunakan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui korelasi model pembelajaran diskusi terhadap karakter multikultural peserta didik. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui pemberian kuisioner atau daftar pertanyaan yang diberikan kepada responden. Responden dalam penelitian ini respondennya ialah siswa kelas XI SMA Negeri 3 Yogyakarta. Secara garis beras terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel X (metode diskusi) dengan variabel Y (karakter multikultural) sebesar 0.000 yang berarti lebih kecil dari ɑ 0.05 (p < 0.05) pada angka kepercayaan 95%. Koefisien korelasi sebesar 0.578 menunjukan tingkat hubungan yang sedang karena berada pada interval 0.40 – 0.599. Variabel X (metode diskusi) berpengaruh secara langsung terhadap variabel Y (karakter multikultural). Hasil perbandingan antara korelasi bivariate variabel X (metode diskusi) dan variabel Y (karakter multikultural) dan korelasi parsial antara variabel X (metode diskusi), variabel Y (karakter Multikultural), dan variabel Z (lingkungan kelas) diperoleh hasil koefisien korelasi bivariate (rxy) sebesar 0.578 lebih kecil dari koefisien korelasi parsial (ryxz) sebesar 0.680. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi variabel X (metode diskusi) sebesar 30,9 lebih besar dari pada koefisien regresi variabel Z (lingkungan kelas) yang besarnya 7,1, besarnya pengaruh variabel X (metode diskusi) dan variabel Z (lingkungan kelas) terhadap variabel Y (karakter multikultural) sebesar 63,8% mampu meningkatkan karakter multikultural sebesar 38%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rinduan Zaen, S. Ag. M.A
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter Multikultural
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 30 Oct 2021 18:43
Last Modified: 30 Oct 2021 18:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46111

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum