ANALISIS KESALAHAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI PADA POKOK BAHASAN APLIKASI TURUNAN

Nurul Hikmah Bella Fatmala, NIM: 15600026 (2020) ANALISIS KESALAHAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI PADA POKOK BAHASAN APLIKASI TURUNAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KESALAHAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI PADA POKOK BAHASAN APLIKASI TURUNAN)
15600026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KESALAHAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI PADA POKOK BAHASAN APLIKASI TURUNAN)
15600026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Kemampuan siswa dalam menerapkan materi yang telah diberikan merupakan tujuan penting dalam pembelajaran, termasuk pada materi turunan yang baru didapatkan siswa umumnya pada jenjang SMA se-derajat. Evaluasi berupa pemberian soal uraian yang memuat masalah aplikasi turunan dapat menjadi alat untuk mengukur ketercapaian pemahaman siswa akan materi turunan. Kesalahan dan faktor kesalahan pemecahan masalah siswa tersebut nantinya dapat digunakan sebagai bahan perbaikan dalam melaksanakan proses pembelajaran sehingga kesalahan yang serupa dapat diminimalisir di waktu selanjutnya. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif-kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan dan faktor-faktor yang menjadi penyebab siswa melakukan kesalahan pada proses memecahkan masalah yang berkaitan dengan aplikasi turunan. Berdasarkan tujuan tersebut, instrumen yang digunakan adalah soal tes diagnostik dan pedoman wawancara sebagai instrumen pendukung, serta peneliti sebagai instrumen utama. Data hasil pelaksanaan penelitian menunjukkan bahwa pada masalah yang berkaitan dengan aplikasi turunan, siswa melakukan kesalahan meliputi data tidak tepat, prosedur tidak tepat, data tidak disebutkan, kesimpulan tidak disebutkan, konflik level respon, manipulasi tidak langsung, masalah hirarki keterampilan, dan kesalahan selain ketujuh kategori tersebut mengacu pada jenis kesalahan menurut kriteria Watson. Kesalahan terbanyak pada kelas IPA dan IPS adalah kesalahan berupa prosedur tidak tepat dengan persentase 100%. Kesalahan dengan persentase yang sama dilakukan kelas IPA pada jenis kesalahan kesimpulan tidak disebutkan dan masalah hirarki keterampilan. Sedangkan pada kesalahan dengan jenis konflik level respon dan selain ketujun kategori tidak terpenuhi di kelas IPA dan kesalahan dengan kategori manipulasi tidak langsung tidak terpenuhi di kelas IPS. Sedangkan, faktor-faktor yang memengaruhi siswa melakukan kesalahan dalam memecahkan masalah aplikasi turunan adalah siswa kurang teliti dalam membaca soal, kurang memahami soal, kurang memahami arti dari suatu data, kurang menguasai materi turunan atau materi prasyarat yang dibutuhkan dalam menyelesaikan masalah, siswa lupa konsep yang telah diberikan, kurang terampilnya siswa dalam mengolah informasi yang diketahui, kurang terampil dalam menginterpretasikan bahasa verbal ke dalam bentuk aljabar, siswa tidak teliti dalam melakukan operasi hitung, dan siswa tidak terbiasa menuliskan kesimpulan dengan lengkap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Iwan Kuswidi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: analisis kesalahan, pemecahan masalah, turunan, aplikasi turunan
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 30 Oct 2021 18:57
Last Modified: 30 Oct 2021 18:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46113

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum