ANALISIS KESALAHAN SISWA TULI KELAS XI DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN VEKTOR DIMENSI TIGA DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

SYAHAD KHOLISOH, NIM. 15600041 (2021) ANALISIS KESALAHAN SISWA TULI KELAS XI DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN VEKTOR DIMENSI TIGA DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KESALAHAN SISWA TULI KELAS XI DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN VEKTOR DIMENSI TIGA DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA)
15600041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KESALAHAN SISWA TULI KELAS XI DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN VEKTOR DIMENSI TIGA DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA)
15600041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya mengevaluasi hasil kegiatan pembelajaran matematika dengan menganalisis kesalahan siswa Tuli dalam memecahkan masalah matematika. Hasil analisis digunakan untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran matematika yang akan dilakukan pada pokok bahasan yang dianalisis maupun pokok bahasan selanjutnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan dan faktor penyebab kesalahan siswa Tuli kelas XI dalam pemecahan masalah matematika pada pokok bahasan vektor dimensi tiga di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah 3 orang siswa Tuli kelas XI TKJ tahun ajaran 2019/2020. Adapun instrumen penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah peneliti sebagai instrumen utama serta lembar tes diagnostik dan pedoman wawancara sebagai instrumen pendukung. Hasil analisis yang diperoleh menunjukkan bahwa siswa Tuli melakukan semua jenis kesalahan yang dilakukan siswa Tuli dalam memecahkan masalah vektor dimensi tiga yaitu kesalahan konsep, kesalahan prinsip, dan kesalahan operasi. Persentase jenis kesalahan yang dilakukan siswa Tuli yaitu kesalahan konsep sebesar 42,85%, kesalahan prinsip sebesar 34,29%, dan kesalahan operasi sebesar 22,86%. Selain itu, siswa Tuli melakukan kesalahan pada semua letak kesalahan, yaitu kesalahan memahami dan mengeksplorasi masalah, kesalahan menemukan strategi, kesalahan menggunakan strategi untuk memecahkan masalah, dan kesalahan menafsirkan penyelesaian tersebut sesuai dengan permasalahan nyata yang ada. Persentase letak kesalahan yang dilakukan siswa Tuli yaitu kesalahan memahami dan mengeksplorasi masalah sebesar 34,15%, kesalahan menemukan strategi sebesar 25,01%, kesalahan menggunakan strategi untuk memecahkan masalah sebesar 20,45%, dan kesalahan menafsirkan penyelesaian tersebut sesuai dengan permasalahan nyata yang ada sebesar 20,45%. Penyebab siswa Tuli melakukan kesalahan tersebut diantaranya adalah tidak memahami vektor dengan baik, lemah penggunaan operasi hitung vektor dalam bentuk variabel, lemah penggunaan metode substitusi, lemah menyubstitusi ke variabel yang bernilai negatif, lupa menambahkan simbol-simbol yang harus dituliskan, tidak memahami masalah dengan baik, dan kurang teliti dalam menghitung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Iwan Kuswidi, S.Pd.I., M.Sc
Uncontrolled Keywords: kesalahan, siswa Tuli, pemecahan masalah, vektor dimensi tiga
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 30 Oct 2021 19:03
Last Modified: 30 Oct 2021 19:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46114

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum