UPAYA GURU DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM INTERAKSI SOSIAL SISWA DI MADRASAH DINIYAH AWALIYAH DESA BANJAR PADANG KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Suci Wulandari, NIM. 16410009 (2020) UPAYA GURU DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM INTERAKSI SOSIAL SISWA DI MADRASAH DINIYAH AWALIYAH DESA BANJAR PADANG KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM INTERAKSI SOSIAL SISWA DI MADRASAH DINIYAH AWALIYAH DESA BANJAR PADANG KABUPATEN KUANTAN SINGINGI)
16410009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
16410009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
16410009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM INTERAKSI SOSIAL SISWA DI MADRASAH DINIYAH AWALIYAH DESA BANJAR PADANG KABUPATEN KUANTAN SINGINGI)
16410009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian di latar belakangi bahwasannya penulis melihat keanekaragaman warga yang ada di madrasah diniyah awaliyah (MDA) desa Banjar Padang baik suku, ras, latar belakang keluarga dan lain sebagainya. Madrasah diniyah awaliyah (MDA) merupakan lembaga pendidikan nonformal yang berlatar belakang pendidikan agama islam yang terbentuk dari sebuah perkumpulan belajar sehingga bisa menjadi sebuah lembaga pendidikan hal tersebut membuat penulis tertarik ingin mengetahui secara dalam mengenai bagaimana upaya yang dilakukan oleh madrasah dalam membangun sikap peserta didik yang sesuai dengan nilai-nilai PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran, bentuk upaya guru dalam penanaman nilai-nilai PAI dalam interaksi sosial siswa di madrasah, implikasi pengamalan nilai-nilai Pendidikan agama Islam dalam interaksi sosial siswa Madrasah Diniyah Awaliyah desa Banjar Padang dan faktor pendukung serta penghambat dalam pengamalan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam interaksi sosial siswa. Penelitian yang diteliti merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) desa Banjar Padang. Pengumpulan data x dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran di madrasah memberikan dampak terhadap sikap dan pola pikir peserta didik sebagaimana peserta didik mulai menunjukan etika-etika dalam bersikap sesuai dengan nilai-nilai islam sebagaimana yang diajarkan oleh gurunya di madrasah. Pengamalan nilai-nilai agama islam kepada peserta didik selain memberikan materi pembelajaran juga melalui keteladanan dan kebiasaan yang dilakukan oleh guru. Adapun implikasi pengamalan nilai-nilai PAI yang diajarkan kepada siswa meliputi nilai akidah, nilai syariah yang meliputi ibadah dan muamalah serta nilai-nilai mengenai akhlak. Hasil tersebut dapat tercapai dengan baik karena adanya faktor pendukung yaitu: guru yang sesuai dengan bidang studi, kerjasama pengurus madrasah dengan tokoh masyarakat (cerdik pandai), kegiatan pendukung pembelajaran yang mengarah kepada pengamalan nilai-nilai PAI seperti kajian ahad pagi, pengajian malam, kamis bersih. Selain faktor pendukung terdapat juga faktor penghambat dalam upaya pengamalan nilai PAI pada peserta didik yaitu: faktor internal peserta didik dan pergaulan di luar madrasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Muh. Wasith Achadi, S.Ag., M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Penanaman, nilai-nilai PAI, interaksi sosial
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 31 Oct 2021 08:46
Last Modified: 31 Oct 2021 08:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46123

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum