Tin Warotul Fatimah, NIM. 16430020 (2020) PENERAPAN PENDIDIKAN INKLUSIF PADA PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM ANAK USIA DINI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENERAPAN PENDIDIKAN INKLUSIF PADA PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM ANAK USIA DINI)
16430020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
![]() |
Text (PENERAPAN PENDIDIKAN INKLUSIF PADA PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM ANAK USIA DINI)
16430020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Agama Islam merupakan salah satu bidang studi wajib diajarkan guru pada lembaga pendidikan formal. Oleh Karena itu pembelajaran agama Islam merupakan usaha-usaha mengajarkan berbagai persoalan dan nilai-nilai agama. Penelitian ini dilatar belakangi adanya pendidikan agama untuk anak yang kerap menemui kegagalan, karena pendidikan agama selama ini lebih menekankan aspek kognitif dan afektif, kurang memperhatikan ranah psikomotorik. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan secara mendalam penerapan pendidikan inklusif pada pembelajaran agama Islam anak usia dini dengan aspek akidah, ibadah, dan akhlak di TK Islam Pelangi Anak Negeri Yogyakarta. Metode penelitian ini yaitu kualitatif. Adapun pengambilan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian: (1) Penerapan pendidikan inklusif melayani kebutuhan siswa tanpa memandang segala perbedaan dapat dilihat dari prinsip pembelajaran, menggunakan kurikulum yang dimodifikasi sesuai kebutuhan siswa, komposisi kelas terdidri dari berbagai aspek keberanekaragaman, pembelajaran agama Islam mengembangkan aspek: akidah yaitu mengenalkan tuhan, ibadah dengan melaksanakan sholat, murajaah, baca iqra, dan akhlak dengan mengajarkan kata maaf, terimakasih, tolong; (2) Faktor pendukung penerapan pendidikan inklusif yaitu: Sumber Daya Manusia (SDM) dan orangtua. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: gedung sekolah, Guru Pembimbing Khusus (GPK), dan guru dalam penanganan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Dr. Hj. Erni Munastiwi, M.M. |
Uncontrolled Keywords: | pendidikan inklusif, pembelajaran agama Islam, TK Islam Pelangi Anak Negeri |
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Drs. Mochammad Tantowi, M.Si. |
Date Deposited: | 31 Oct 2021 08:52 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 08:52 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46124 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |