PEMBELAJARAN BERHITUNG BERBASIS ALAM DI PAUD TERPADU ALAM CERIA GENENG NGAWI

Fawa Idatuz Zuhdah, NIM. 16430030 (2020) PEMBELAJARAN BERHITUNG BERBASIS ALAM DI PAUD TERPADU ALAM CERIA GENENG NGAWI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN BERHITUNG BERBASIS ALAM DI PAUD TERPADU ALAM CERIA GENENG NGAWI)
16430030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN BERHITUNG BERBASIS ALAM DI PAUD TERPADU ALAM CERIA GENENG NGAWI)
16430030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu masih banyak peserta didik yang kurang faham tentang konsep bilangan dan anak-anak di PAUD mengalami banyak kesulitan proses pembelajaran matematika (berhitung). Karena adanya ketidaksesuaian antara metode dan media pembelajaran dengan tahap perkembangan kognitif anak usia dini. Seharusnya pada usia dini masih harus belajar dengan benda konkret. Akan tetapi jika kita melihat realita yang ada guru menggunakan lembar kegiatan (majalah) dalam pembelajaran berhitung Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang berjenis kualitatif, yaitu peneliti datang langsung ke tempat penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi/ pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh peneliti dari lapangan dianalisis menggunakan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, implementasi pembelajaran berhitung berbasis alam PAUD Terpadu Alam Ceria Geneng Ngawi diawali dengan perencanaan pembelajaran berhitung berbasis alam PAUD Terpadu Alam Ceria Geneng Ngawi meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kedua, dampak pembelajaran berhitung berbasis alam pada anak kelompok A dan B PAUD Terpadu Alam Ceria Geneng Ngawi yaitu telah berhasil mengajarkan konsep berhitung kepada peserta didik dan juga berdampak baik bagi aspek perkembangan lain. Ketiga, Faktor pendukung yaitu media pembelajaran yang digunakan nyata/konkret, media pembelajaran yang mudah ditemukan dan harganya yang terjangkau, lingkungan sekolah yang mendukung, dan kegiatan yang bervariasi. sedangkan faktor penghambatnya yaitu minimnya minat belajar peserta didik, peserta didik kurang fokus, kegiatan tidak sesuai dengan tema, hasil karya mudah rusak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ichsan, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini, Berhitung Berbasis Alam, Pembelajaran
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 31 Oct 2021 10:46
Last Modified: 31 Oct 2021 10:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46126

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum