IMPLEMENTASI PENGENALAN BAHASA JAWA DENGAN METODE BERCERITA MENGGUNAKAN ANIMASI WAYANG ORANG DI TK ATTARMASIE PERGURUAN ISLAM PONDOK TREMAS PACITAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Fikrotuz Zakiyah, NIM. 16430041 (2020) IMPLEMENTASI PENGENALAN BAHASA JAWA DENGAN METODE BERCERITA MENGGUNAKAN ANIMASI WAYANG ORANG DI TK ATTARMASIE PERGURUAN ISLAM PONDOK TREMAS PACITAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENGENALAN BAHASA JAWA DENGAN METODE BERCERITA MENGGUNAKAN ANIMASI WAYANG ORANG DI TK ATTARMASIE PERGURUAN ISLAM PONDOK TREMAS PACITAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020)
16430041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENGENALAN BAHASA JAWA DENGAN METODE BERCERITA MENGGUNAKAN ANIMASI WAYANG ORANG DI TK ATTARMASIE PERGURUAN ISLAM PONDOK TREMAS PACITAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020)
16430041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh jarangnya anak usia dini yang menggunakan bahasa daerahnya sendiri (bahasa Jawa) dalam komunikasi sehari-hari. Anak-anak kurang mengenal bahasa Jawa walaupun notabenenya anak tersebut asli pribumi Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan bahasa Jawa kepada anak, minimal dengan memberi kesempatan anak untuk mendengarkan komunikasi berbahasa Jawa. Disini penyampaian cerita disajikan dengan media animasi wayang orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian studi kasus di TK Attarmasie. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi yang melibatkan anak kelas TK A dan B, guru bercerita, kepala sekolah, 3 guru pendukung lainnya dan wali murid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan kegiatan bercerita berbahasa Jawa dengan media animasi wayang orang di TK Attarmasie, guru menyampaikan naskah cerita suatu keluarga yang saling berkomunikasi menggunakan bahasa Jawa dan disajikan dengan media animasi wayang orang yang dinilai unik dan lucu menurut anak. 2) Upaya memelihara dan melestarikan bahasa daerah (bahasa Jawa) di TK Attarmasie, dengan menyelipkan kosa-kata Jawa dalam komunikasi sehari-hari dan menampilkan kesenian anak berbahasa Jawa ketika ada acara. 3) Faktor pendukung dalam pelaksanaan kegiatan yaitu: anak, orang tua, guru, sarana dan prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: jumlah anak dan lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Erni Munastiwi, MM,
Uncontrolled Keywords: Pengenalan Bahasa Jawa, metode bercerita, media animasi wayang orang
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 31 Oct 2021 16:56
Last Modified: 31 Oct 2021 16:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46128

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum