MODEL DARING LEARNING DI ERA PANDEMI COVID-19 DAN IMPLIKASINYA PADA MOTIVASI, KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS X MIA 1 MAN PANGKEP SULAWESI SELATAN

Ratnasari, S.Pd, NIM.: 18204010085 (2020) MODEL DARING LEARNING DI ERA PANDEMI COVID-19 DAN IMPLIKASINYA PADA MOTIVASI, KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS X MIA 1 MAN PANGKEP SULAWESI SELATAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODEL DARING LEARNING DI ERA PANDEMI COVID-19 DAN IMPLIKASINYA PADA MOTIVASI, KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS X MIA 1 MAN PANGKEP SULAWESI SELATAN)
18204010085_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MODEL DARING LEARNING DI ERA PANDEMI COVID-19 DAN IMPLIKASINYA PADA MOTIVASI, KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS X MIA 1 MAN PANGKEP SULAWESI SELATAN)
18204010085_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Semenjak mewabahnya Covid-19 di seluruh Negara Indonesia, membuat banyak pendidikan melakukan kegiatan pembelajaran yang biasanya berlangsung secara tatap muka, pandemi ini mampu mengakselerasi pendidikan dalam sistem pembelajaran yang dilakukan jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi. Keberadaan teknologi sebagai jembatan pendidikan dan mempermudah pendidik, karena teknologi mengandalkan kemampuan pembelajaran jarak jauh Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi model daring learning yang diterapkan pada pembelajaran akidah akhlak selama pandemi Covid-19 dan melihat sejauh mana implikasi daring learning yang diberikan pada motivasi, keaktifan, dan hasil belajar peserta didik kelas X MIA 1 MAN Pangkep Sulawesi Selatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian campuran atau disebut dengan mixed methods yang artinya menerapkan kombinasi dua pendekatan sekaligus (kualitatif dan kuantitatif). Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA 1 dan salah satu pendidik akidah akhlak yang mengajar pada kelas tersebut. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ialah trianggulasi teknik dengan pengumpulan data yang berbeda-beda untuk mendapatkan data dari sumber yang sama. Hasil penelitian menunjukkan jenis model daring learning yang digunakan pada era Covid-19 pada pembelajaran akidah akhlak yakni Whatsapp Group yang dijadikan sebagai ruang kelas dalam pembelajaran jarak jauh, sehingga dapat memudahkan pendidik menyampaikan materi ajar dan dapat diakses oleh peserta didik. Implikasi daring learning terhadap motivasi belajar peserta didik, seorang pendidik haruslah memberikan upaya-upaya dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik sehingga tidak timbul rasa bosan dalam melakukan pembelajaran daring, sedangkan daring learning terhadap keaktifan belajar selama pandemi ini memberikan umpan balik kepada peserta didik sehingga mereka lebih aktif dalam pembelajaran, memberikan bantuan kepada peserta didik yang kurang terlibat dalam pembelajaran dan memberikan kesimpulan setiap materi pada akhir pembelajaran. Terakhir implikasi daring learning terhadap hasil belajar dapat dilihat dari nilai raport yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata sebanyak 83,06.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Mahmud Arif, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Model Daring Learning, Motivasi Belajar, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 01 Nov 2021 09:12
Last Modified: 01 Nov 2021 09:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46137

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum