INTEGRASI KURIKULUM PESANTREN DAN MADRASAH DI MTS NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA

M Faishal Khoirurrijal, NIM.: 18204010089 (2021) INTEGRASI KURIKULUM PESANTREN DAN MADRASAH DI MTS NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTEGRASI KURIKULUM PESANTREN DAN MADRASAH DI MTS NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
18204010089_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (INTEGRASI KURIKULUM PESANTREN DAN MADRASAH DI MTS NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
18204010089_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penerapan integrasi kurikulum pesantren dan madrasah di MTs. Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta sebagai suatu terobosan pengembagan kurikulum dalam pendidikan Islam. Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui latar belakang penerapan integrasi kurikulum pesantren dan Madrasah di MTs Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta, 2) model integrasi yang digunakan dan 3) komponen mata pelajaran hasil integrasi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian sudi kasus. Lokasi penelitian adalah MTs Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Penggumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tiga tahapan; reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Latar belakang diterapkannya integrasi kurikulum pesantren dan madrasah di MTs Nurul Ummah adalah untuk mewujudkan efisiensi pembelajaran agama dan umum, 2) Model integrasi kurikulum pesantren dan madrasah yang digunakan di MTs Nurul Ummah sifatnya berkembang. Pada dua tahun pertama penerapannya (2015 dan 2016) model yang digunakan adalah fragmented model dan mulai pada tahun 2017 menggunakan perpaduan antara connected model dan nested model. 3) Komponen mata pelajaran gabungan (Al-Qur’an Hadis, Akidah Akhlak, dan Fikih) secara administratif sesuai dengan Standar Pendidikan Nasional tetapi pada praktiknya terdapat pengembangan pada tujuan, bahan ajar, dan metode pembelajaran, dan komponen mata pelajaran yang tidak digabungkan (Mulok Fikih dan Mulok Shorof) tidak memenuhi Standar Pendidikan Nasional karena masih mempertahankan model pendidikan tradisional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sigit Purnama, S.Pd.I., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Integerasi Kurikulum, Pesantren, Madrasah.
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Nov 2021 09:22
Last Modified: 01 Nov 2021 09:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46139

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum