PENGEMBANGAN INSTRUMEN DIAGNOSTIK THREE-TIER UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI PADA MATERI DINAMIKA PARTIKEL KELAS X MAN 4 BANTUL

Winda Rizki Handayani, NIM.: 12690022 (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN DIAGNOSTIK THREE-TIER UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI PADA MATERI DINAMIKA PARTIKEL KELAS X MAN 4 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN DIAGNOSTIK THREE-TIER UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI PADA MATERI DINAMIKA PARTIKEL KELAS X MAN 4 BANTUL)
12690022_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN DIAGNOSTIK THREE-TIER UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI PADA MATERI DINAMIKA PARTIKEL KELAS X MAN 4 BANTUL)
12690022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes diagnostik pada materi dinamika partikel dan mengetahui kualitas instrumen diagnostik yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Four-D. Model pengembangan ini memiliki 4 langkah utama yaitu (1) Define, (2) Design, (3) Develop, (4) Disseminate. Penelitian in dibatasi pada langkah Develop, yaitu sampai pada tahap penilaian oleh para ahli dan guru fisika. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar validasi dan lembar penilaian untuk ahli. Kualitas penilaian produk menggunakan skala likert dengan 4 skala yang dibuat dalam bentuk checklist. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian yang berupa data kualitatif diubah menjadi data kuantitatif untuk memperoleh skor penilaian. Setelah itu, data kuantitatif diubah kembali menjadi data kualitatif ntuk menentukan kualitas instrumen diagnostik. Hasil penelitian diperoleh bahwa instrumen tes diagnostik pilihan ganda tiga tingkat telah berhasil dikembangkan melalui beberapa tahapan, yaitu analisis karakteristik siswa; analisis materi; desain dan pembuatan prototype awal; validasi dan revisi tahap pertama; penilaian kualitas produk dan revisi tahap kedua. Secara garis besar, instrumen tes diagnostik pilihan ganda tiga tingkat ini merupakan instrumen tes evaluasi untuk mendeteksi miskonsepsi pada materi dinamika partikel. Kualitas instrumen yang dihasilkan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli evaluasi dan guru fisika adalah B (Baik), dengan rata-rata skor yang diperoleh berturut-turut adalah 3,05; 3,125, dan 3,36.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Ika Kartika, S. Pd., M. Pd. Si.
Uncontrolled Keywords: Evaluasi pembelajaran; pembelajaran fisika; Tes Diagnostik Tiga Tingkat
Subjects: Pendidikan Fisika
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 01 Nov 2021 10:10
Last Modified: 01 Nov 2021 10:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46148

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum